Record Details

Metode Pembelajaran Guru Etnis Jawa-Madura dalam Pengembangan Bahasa Siswa RA di Kabupaten Pasuruan

SELING: Jurnal Program Studi PGRA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Metode Pembelajaran Guru Etnis Jawa-Madura dalam Pengembangan Bahasa Siswa RA di Kabupaten Pasuruan
 
Creator Dewi, Yuli Ani Setyo
 
Description Bahasa anak adalah bahasa yang digunakan oleh anak untuk menyampaikan suatu  keinginan, harapan , permintaan, pikiran dan lain-lain untuk kepentingannya. Salah satu aspek penting yang harus dikuasai oleh anak adalah kemampuan dalam berbahasa, tapi tidak semua anak mampu untuk menguasai bahasa dengan baik. Ketidakmampuan anak dalam berbicara atau berkomunikasi biasanya karena keterbatasan kemampuan dalam mengerti atau menangkap pembicaraan atau tidak bisa menjawab dengan benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Metode Pembelajaran Guru Etnis Jawa-Madura Dalam Pengembangan Bahasa Siswa RA di Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Dari analisis data dikemukakan bahwa metode pembelajaran yang sering digunakan oleh guru etnis jawa-madura untuk perkembangan bahasa siswa  RA di kabupaten Pasuruan diantaranya metode bercerita, metode bercakap-cakap, dan metode tanya jawab serta metode bernyanyi. Diantara metode tersebut metode yang paling sering digunakan oleh guru ketika sedang pembelajaran didalam kelas dan juga merupakan metode yang paling efektif yaitu metode bercakap-cakap.
 
Publisher Program Studi PGRA
 
Date 2017-07-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/122
10.29062/seling.v3i2.122
 
Source SELING: Jurnal Program Studi PGRA; Vol 3 No 2 (2017): Juli; 94-106
2528-083X
2540-8801
10.29062/seling.v3i2
 
Language eng
 
Relation http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/122/113
 
Rights Copyright (c) 2017 SELING: Jurnal Program Studi PGRA