Peningkatan Kompetensi Sosial Emosi dalam Pembelajaran Tematik
MODELING: Jurnal Program Studi PGMI
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Peningkatan Kompetensi Sosial Emosi dalam Pembelajaran Tematik
|
|
Creator |
Hunaida, Wiwin Luqna
|
|
Description |
Penilaian kompetensi sikap sosial dan emosi dalam pembelajaran merupakan serangkaian kegiatan yang disusun sebagai alat mengukur nilai-nilai atau pandangan hidup yang diperoleh peserta didik sebagai hasil suatu program pembelajaran. Penilaian sikap juga merupakan aplikasi suatu standar atau sistem pengambilan keputusan terhadap sikap. Kegunaan utama penilaian sikap sebagai bagian dari pembelajaran adalah refleksi (cerminan) pemahaman dan kemajuan sikap peserta didik secara individual. Berangkat dari latar belakang di depan, kurikulum 2013 pada tingkat Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Sidoarjo sudah diimplementasikan sejak tahun ajaran 2014/2015. Sehingga pengembangan kompetensi sosial dan emosi dalam pembelajaran tematik MI Thoriqussalam Kabupaten Sidoarjo menarik untuk diteliti dan dapat dijadikan salah satu alternatif bagi pengembangan Madrasah Ibtidaiyah lainnya. Sehingga proses dan model yang dikembangkan oleh Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Sidoarjo dapat dipublikasikan. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan (1) Guru merencanakan pembelajaran tematik dengan merumuskan kompetensi Emosional dan kompetensi sosial dengan merencanakan daftar kegiatan yang harus dilakukan siswa selama di kelas dan di luar kelas sesuai dengan tema pembelajaran. (2) Guru melakukan penanaman moral kepada siswa melalui pembiasaan yang sudah direncanakan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. (3) Guru melakukan pengevaluasian pembelajaran melalui penilaian individu dan teman sejawat. (4) Kekuatan perencanaan pemebelajaran dan perumusan kompetensi emosional dan kompetensi sosial menjadikan pelaksanaan pembelajran yang dinamis dan sesuai dengan tahap-tahap pembelajaran. Kelemahan pada pelaksanaan yang kurang dikondisikan dari penilaian terhadap individu yakni memiliki penilaian subyektif terhadap siswa. |
|
Publisher |
Program Studi PGMI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
|
|
Date |
2020-03-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/641
10.36835/modeling.v7i1.641 |
|
Source |
MODELING: Jurnal Program Studi PGMI; Vol 7 No 1 (2020): Maret; 71-85
2477-667X 2442-3661 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/641/515
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Wiwin Luqna Hunaida
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
|