Record Details

Persepsi Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar dalam Menanggapi Perkuliahan secara Daring Selama Masa Covid-19

MODELING: Jurnal Program Studi PGMI

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Persepsi Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar dalam Menanggapi Perkuliahan secara Daring Selama Masa Covid-19
 
Creator Rahmatih, Aisa Nikmah
Fauzi, Asri
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa calon guru sekolah dasar dalam menanggapi proses perkuliahan dengan metode daring selama masa COVID-19. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dimana sampel yang digunakan sebanyak 91 mahasiswa PGSD Universitas Mataram. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara online dan angket yang disusun menggunakan google form.  Hasil penelitian tentang persepsi mahasiswa ini dibagi menjadi tiga komponen utama yaitu interaksi mahasiswa, suasana belajar, dan materi ajar. Persepsi mahasiswa mengenai interaksi mahasiswa, baik dengan dosen maupun sesama mahasiswa ketika perkuliahan daring berkurang dibanding dengan perkuliahan secara tatap muka. Sedangkan dalam suasana belajar, mahasiswa lebih menyukai pembelajaran secara tatap muka dibandingkan dengan daring. Hal ini dikarenakan mahasiswa lebih leluasa bertanya ketika bertemu secara langsung dengan dosen. Kemudian pada materi ajar, mahasiswa lebih giat mencari materi sendiri untuk menambah pengetahuan karena ketika perkuliahan mahasiswa banyak yang kurang memahami apa yang disampaikan dosen. Walaupun banyak kekurangan perkuliahan secara daring, ada juga kelebihan yang didapatkan yaitu mahasiswa lebih mandiri dalam belajar dan mencari sumber.
 
Publisher Program Studi PGMI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
 
Date 2020-09-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/618
10.36835/modeling.v7i2.618
 
Source MODELING: Jurnal Program Studi PGMI; Vol 7 No 2 (2020): September; 143-153
2477-667X
2442-3661
 
Language eng
 
Relation http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/618/534
 
Rights Copyright (c) 2020 Aisa Nikmah Rahmatih, Asri Fauzi
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0