Record Details

Metode Maternal Reflektif (MMR) Sebagai Solusi Kesulitan Membaca Anak Tunarungu

MODELING: Jurnal Program Studi PGMI

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Metode Maternal Reflektif (MMR) Sebagai Solusi Kesulitan Membaca Anak Tunarungu
 
Creator Fia, Auliya
 
Description Anak tunarungu cenderung memiliki kemampuan membaca yang kurang karena keterbatasan yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan agar guru dapat menghadapi anak tunarungu yang kesulitan membaca dengan metode Maternal Reflektif yaitu metode pertukaran gagasan, informasi, perasaan, atau pikiran melalui percakapan antara dua orang atau lebih untuk mengajarkan bahasa secara sederhana pada anak tunarungu. Jenis penelitian yang digunakan yaitu studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Maternal Reflektif dapat digunakan sebagai solusi kesulitan membaca pada anak tunarungu. Manfaat metode MMR yaitu tidak hanya sebagai sarana maupun media untuk menyampaikan materi pelajaran namun juga sebagai tujuan pengajaran itu sendiri. Selain itu sebagai sarana belajar untuk bersikap secara spontan, reaktif, dan empati terhadap orang lain.
 
Publisher Program Studi PGMI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
 
Date 2020-03-25
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/540
10.36835/modeling.v7i1.540
 
Source MODELING: Jurnal Program Studi PGMI; Vol 7 No 1 (2020): Maret; 26-34
2477-667X
2442-3661
 
Language eng
 
Relation http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/540/491
 
Rights Copyright (c) 2020 Auliya Fia
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0