Record Details

Variasi Model Pembelajaran Guru MI pada di MI Miftahul Ulum Rowogempol Lekok Pasuruan

MODELING: Jurnal Program Studi PGMI

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Variasi Model Pembelajaran Guru MI pada di MI Miftahul Ulum Rowogempol Lekok Pasuruan
 
Creator Supriyanto, Didik
 
Description Variasi mengajar Guru merupakan proses menantang ide- ide dan cara- cara melakukan hal- hal yang sudah diterima untuk menemukan solusi- solusi atau konsep-konsep baru. Pembelajaran tematik merupakan satu tujuan pengajaran yang penting untuk membantu murid memahami konsep utama dalam suatu objek. Pemahaman akan berkembang apabila guru dapat membantu murid untuk mengeksplorasikan topik secara mendalam dan memberi mereka contoh yang tepat dan menarik.
Penelitian ini dilaksanakan di MI Mifathul Ulum Rowogempul Lekok Pasuruan, dengan objek penelitian yaitu semua siswa Kelas III yang berjumlah 28 siswa. Adapun tujuan dilakukanya penelitian ini adalah mendeskripsikan: 1) untuk menjelaskan seberapa besar variasi guru di MI Mifathul Ulum Rowogempul Lekok Pasuruan, 2) Untuk menjelaskan seberapa besar pembelajaran tematik di MI Mifathul Ulum Rowogempul Lekok Pasuruan, 3) Untuk menjelaskan besarnya pengaruh variasi mengajar guru dalam pembelajaran tematik terhadap pembelajaran tematik di MI Mifathul Ulum Rowogempul Lekok Pasuruan.
Populasi dalam penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan regresi sederhana. Data yang diperoleh menggunakan kuisioner tertutup skala likert dan lima alternative jawaban. Subjek penelitian ini adalah MI Mifathul Ulum Rowogempul Lekok Pasuruan. Subjek penelitian ini sebanyak 28 responden. Dengan menggunakan teknik sampling insidental. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Sedangkan teknil analisis data yang digunakan regresi sederhana
Hasil analisis data dari penelitian ini diperoleh dari uji t adalah: Pengaruh variasi mengajar guru pada pembelajaran tematik di MI Mifathul Ulum Rowogempul Lekok Pasuruan. Dengan nilai signifikan dari hasil regresi sederhana diperoleh nilai= 0,000< 0,005.
Berdasarkan hasil penelitian yang didapat bahwa (1) tingkat variasi mengajar guru dalam pembelajaran tematik membuktikan bahwa variasi mengajar guru sangat tinggi (2) Tingkat pembelajaran tematik di MI Mifathul Ulum Rowogempul Lekok Pasuruan diketahui bahwa pembelajaran tematik tinggi (3) terdapat pengaruh variasi mengajar guru dalam pembelajaran tematik terhadap pemahaman belajar siswa.
 
Publisher Program Studi PGMI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
 
Date 2018-09-27
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/411
 
Source MODELING: Jurnal Program Studi PGMI; Vol 5 No 2 (2018): September; 247-254
2477-667X
2442-3661
 
Language eng
 
Relation http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/411/380
 
Rights Copyright (c) 2019 Didik Supriyanto
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0