Record Details

Faktor Kepribadian terhadap Pemerolehan dan Perkembangan Bahasa Anak Usia SD/MI

MODELING: Jurnal Program Studi PGMI

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Faktor Kepribadian terhadap Pemerolehan dan Perkembangan Bahasa Anak Usia SD/MI
 
Creator Afifah, Ni'mah
 
Description Secara garis besar, pemerolehan bahasa anak dipengaruhi oleh dua faktor, yakni faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. Tulisan ini berupaya menganalisa membahas faktor intrinsik pemerolehan bahasa anak, khususnya faktor kepribadian. Dan dalam konteks ini terdapat empat tipe kepribadian yang kita kenal dan tiap orang memiliki dominasi pada salah satu tipe tersebut dalam kepribadiannya. Ada yang dominan memiliki tipe kepribadian sanguin,melankolis, plegmatis maupun koleris. Dan secara garis besar bisa diklasifikasikan dalam bentuk kepribadian introvert dan extrovert. Kepribadian merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa. Faktor ini berkaitan dengan apa yang terjadi dalam diri pebelajar. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan penguasaan pemerolehan bahasa pada siswa berkepribadian extrovert dan introvert, siswa ekstrovert memiliki kompetensi pemerolehan lebih tinggi daripada siswa berkepribadian introvert. Demikian juga pada tipe kepribadian sanguin, koleris, plegmatis dan melankolis juga berhubungan erat dengan pemerolehan dan perkembangan bahasa pada anak usia SD/MI
 
Publisher Program Studi PGMI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
 
Date 2018-09-26
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/344
 
Source MODELING: Jurnal Program Studi PGMI; Vol 5 No 2 (2018): September; 234-246
2477-667X
2442-3661
 
Language eng
 
Relation http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/344/325
 
Rights Copyright (c) 2018 Ni'mah Afifah
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0