Record Details

Reward dan Punishment bagi Pengembangan Kecerdasan Emosional Anak Usia MI

MODELING: Jurnal Program Studi PGMI

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Reward dan Punishment bagi Pengembangan Kecerdasan Emosional Anak Usia MI
 
Creator Afifah, Ni'mah
 
Description Masa anak adalah masa yang sangat signifikan dalam menentukan perkembangan kehidupannya di kemudian hari. Kecerdasan emosional menjadi sangat signifikan untuk diperhatikan dalam masa tumbuh kembang anak utamanya semakin diperkuat dengan fenomena pada masa ini, dimana angka statistik degradasi moral dan stressĀ  pada anakĀ  melonjak drastic .Salah satu metode untuk mengoptimalkan kecerdasan emosi anak adalah metode pemberian reward (ganjaran) dan punishment (hukuman). Persoalan timbul ketika dalam pemberian reward dan punishment, para pendidik tidak menerapkan dengan semestinya. Tidak jarang terjadi ketidakefektifan metode tersebut bagi pengembanganEQ anak. Terdapat asumsi ibarat pemberian obat, terkadang terjadi salah dosis, ataupun penyamarataan dosis pada setiap anak. Sehingga penerapan reward dan punishment yang diharapkan akan memunculkan perubahan perilaku yang semakin positif, termasuk semakin cerdas dalam mengelola emosi, justru menghasilkan perilaku sebaliknya. Penelitian ini ingin menelitilebih jauh bagimana peran metode Reward dan punishment dalam pengembangan kecerdasan anak, khususnya dalam aspek kecerdasan emosional anak usia MI. Juga meneliti bagaimana indikasi indikasi yang harus dipenuhi dalam penerapannya kepada anak usia MI.
 
Publisher Program Studi PGMI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
 
Date 2017-09-13
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/169
 
Source MODELING: Jurnal Program Studi PGMI; Vol 4 No 2 (2017): September; 212-227
2477-667X
2442-3661
 
Language eng
 
Relation http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/169/153
 
Rights Copyright (c) 2017 Ni'mah Afifah
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0