Reward dan Punishment bagi Pengembangan Kecerdasan Emosional Anak Usia MI
MODELING: Jurnal Program Studi PGMI
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Reward dan Punishment bagi Pengembangan Kecerdasan Emosional Anak Usia MI
|
|
Creator |
Afifah, Ni'mah
|
|
Description |
Masa anak adalah masa yang sangat signifikan dalam menentukan perkembangan kehidupannya di kemudian hari. Kecerdasan emosional menjadi sangat signifikan untuk diperhatikan dalam masa tumbuh kembang anak utamanya semakin diperkuat dengan fenomena pada masa ini, dimana angka statistik degradasi moral dan stressĀ pada anakĀ melonjak drastic .Salah satu metode untuk mengoptimalkan kecerdasan emosi anak adalah metode pemberian reward (ganjaran) dan punishment (hukuman). Persoalan timbul ketika dalam pemberian reward dan punishment, para pendidik tidak menerapkan dengan semestinya. Tidak jarang terjadi ketidakefektifan metode tersebut bagi pengembanganEQ anak. Terdapat asumsi ibarat pemberian obat, terkadang terjadi salah dosis, ataupun penyamarataan dosis pada setiap anak. Sehingga penerapan reward dan punishment yang diharapkan akan memunculkan perubahan perilaku yang semakin positif, termasuk semakin cerdas dalam mengelola emosi, justru menghasilkan perilaku sebaliknya. Penelitian ini ingin menelitilebih jauh bagimana peran metode Reward dan punishment dalam pengembangan kecerdasan anak, khususnya dalam aspek kecerdasan emosional anak usia MI. Juga meneliti bagaimana indikasi indikasi yang harus dipenuhi dalam penerapannya kepada anak usia MI.
|
|
Publisher |
Program Studi PGMI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
|
|
Date |
2017-09-13
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/169
|
|
Source |
MODELING: Jurnal Program Studi PGMI; Vol 4 No 2 (2017): September; 212-227
2477-667X 2442-3661 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/169/153
|
|
Rights |
Copyright (c) 2017 Ni'mah Afifah
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
|