Record Details

Penerapan Model Pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar

MODELING: Jurnal Program Studi PGMI

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Penerapan Model Pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar
 
Creator Jannah, Novaria Lailatul
 
Description Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa dengan menerapkan model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) pada pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi dan tes, dan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran POE(Predict, Observe, Explain), kemampuan keterampilan pemecahan masalah siswa kelasV pada mata pelajaran IPA mengalami peningkatan setiap siklusnya. Ketuntasan klasikal tes kemampuan keterampilan pemecahan masalah siswa pada Siklus I mencapai 59% dan mengalami peningkatan pada Siklus II menjadi 89% yang telah mencapai indikator keberhasilan sebesar 80%. Sedangkan hasil belajar siswa pada Siklus I mencapai 62,1% dan mengalami peningkatan menjadi 86% yang telah mencapai indikator keberhasilan sebesar 80%.  Data hasil observasi aktivitas guru menunjukkan peningkatan pada tiap siklusnya. Pada Siklus I aktivitas guru mencapai 73,7%, pada Siklus II meningkat menjadi 87,5%. Sedangkan aktivitas siswa selama pembelajaran mengalami peningkatan dari Siklus I menunjukan persentase sebesar 59,5% dan pada Siklus II naik menjadi 85%. Aktivitas guru dan siswa telah mampu mencapai indikator keberhasilan sebesar 80%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) dapat meningkatkan keterampilan pemecahan maslah siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN Cemengkalang SidoarjoKec.Sidoarjo Kab.Sidoarjo.
 
Publisher Program Studi PGMI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
 
Date 2017-03-02
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/110
 
Source MODELING: Jurnal Program Studi PGMI; Vol 4 No 1 (2017): Maret; 132-146
2477-667X
2442-3661
 
Language eng
 
Relation http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/110/105
 
Rights Copyright (c) 2017 Nina Damayanti Sekaringtyas
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0