Record Details

Islamisasi Ilmu Pengetahuan Perspektif Naquib Al-Attas di Tengah Kemunduran Dunia Ilmiah Islam

MODELING: Jurnal Program Studi PGMI

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Islamisasi Ilmu Pengetahuan Perspektif Naquib Al-Attas di Tengah Kemunduran Dunia Ilmiah Islam
 
Creator Afifah, Ni'mah
 
Description Perdebatan di sekitar apakah ilmu pegetahuan bebas nilai atau tidak tampaknya masih tetap mejadi obsesi kaum ilmuwan. Islam sebagai sebuah sebuah sistem, dipandang seharusnya memberi makna etika dalam ilmu pegetahuan oleh beberapa ilmuwan dan sarjana muslim. Gagasan tersebut lebih mengental manakala ilmu pengetahuan yang notabene berkembang di Barat menjadi pandangan dunia (world view) yang berpengaruh dan bahkan mendominasi dunia Islam.
Dalam dasawarsa tahun 1960-an, Sayyed Hussein Nasr, salah seorang sarjana muslim yang mengetengahkan suatu perspektif sufi, terang terangan memberikan kecaman terhadap krisis epistimologi dalam peradaban Barat. Kemudian beberapa tahun sesudahnya, Syed Naquib al-Attas dan Isma’il al-Faruqi mengalirkan ide tentang Islamisasi ilmu sebagai upaya bagi keduanya untuk menemukan kembali epistimologi Islam. (Ziauddi Sardar, 1987:92). Syed Muhammad Naquib Al-Attas dikenal sebagai tokoh penggagas Islamisasi ilmu pengetahuan yang mempengaruhi banyak tokoh lainnya dan berbicara tentang Islamisasi ilmu pegetahuan tentulah terkait erat dengan wacana Islamisasi dalam bidang pendidikan, baik secara metode maupun materinya.
Tulisan ini mecoba mengenal lebih dalam sosok dan pemikiran Naquib al-Attas sebagai tokoh penggagas Islamisasi ilmu dalam konteks pendidikan Islam masa kini.
 
Publisher Program Studi PGMI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
 
Date 2016-09-09
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Basic Research
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/83
 
Source MODELING: Jurnal Program Studi PGMI; Vol 3 No 2 (2016): September; 217-230
2477-667X
2442-3661
 
Language eng
 
Relation http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/83/83