Record Details

Model Pembelajaran Pendidikan Islam Emansipatoris

MODELING: Jurnal Program Studi PGMI

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Model Pembelajaran Pendidikan Islam Emansipatoris
 
Creator Riyadi, Ahmad Ali
 
Description Kajian ini mengkaji gagasan model pembelajaran pendidikan Islam Emansipatoris. Model pembelajaran ini menekankan kepada Islam sebagai agama yang mampu menghadirkan dimensi kemanusiaan. Wacana yang dikembangkan terjadi pergeseran paradigma, yaitu pergeseran tema yang mengalihkan perhatian pada pemahaman mateir pembelajaran agama yang bersifat teologis (teosentrisme) menuju pembelajaran yang bersifat riil (antroposentrisme). Tema-tema yang diusung lebih menekankan tema-tema tentang Islam sebagai agama lewat penafsiran progresif terhadap problem-problem kemanusiaan kontemporer melalui penelusuran doktrin, sejarah dan kajian kontemporer untuk menemukan makna Islam yang mampu menjawab persoalan-persoalan kemanusiaan sebagai upaya kontekstualisasi pemahaman agama.
 
Publisher Program Studi PGMI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
 
Date 2015-09-03
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/63
 
Source MODELING: Jurnal Program Studi PGMI; Vol 2 No 2 (2015): September; 26-33
2477-667X
2442-3661
 
Language eng
 
Relation http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/63/63