Record Details

Pemanfaatan Media Berbasis Komputer untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Usia Dini

MODELING: Jurnal Program Studi PGMI

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pemanfaatan Media Berbasis Komputer untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Usia Dini
 
Creator Rochanah, Luluk
 
Description Kemampuan mengenal huruf  pada  anak usia 4-5 tahun TK Alfaradis sidoarjo belum dapat berkembang secara optimal karena guru menggunakan  metode  kurang bervariasi dan tidak diikuti dengan pemberian stimulasi (merangsang) motivasi pada anak. Jika pembelajaran relevan dengan dunia anak, mereka akan dengan senang hati anak bertahan dalam kegiatan itu dan termotivasi untuk mempelajarinya. Oleh karena itu sangat penting bagi guru untuk memberi kesempatan kepada anak untuk melihat bagaimana membaca dan menulis itu bermanfaat sebelum mereka dibelajarkan bentuk dan nama huruf. Hal itu seharusnya bermakna bagi anak artinya  huruf tersebut harus dimanfaatkan oleh anak dalam kehidupan riil sehari-hari, yaitu dengan pemberian rangsangan  untuk memotivasi anak mengenal huruf dengan memanfaatan media komputer. Belajar dengan media komputer melahirkan suasana yang menyenangkan karena anak dapat mengendalikan kecepatan belajar sesuai dengan kemampuan, gambar  berwarna  dan suara yang muncul membuat anak tidak cepat bosan,  merangsang belajar lebih tekun,  kreatif dan mandiri. Pemanfaatan media komputer merupakan salah satu alternatif media yang digunakan dalam melakukan pembelajaran agar lebih menyenangkan anak usia dini.
 
Publisher Program Studi PGMI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
 
Date 2015-09-03
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/60
 
Source MODELING: Jurnal Program Studi PGMI; Vol 2 No 2 (2015): September; 1-7
2477-667X
2442-3661
 
Language eng
 
Relation http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/60/60