Record Details

Penerapan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Tunarungu di SLB B/C

MODELING: Jurnal Program Studi PGMI

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Penerapan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Tunarungu di SLB B/C
 
Creator Wijaya, Yeni Fitria
 
Description Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa penerapan motode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa tunarungu kelas V di SLB B/C Bina Bangsa Ngelom Taman Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain subyek tunggal (single subject design) desain A – B. Teknis analisis data yang digunakan adalah teknik grafik statistic deskriptif sederhana dengan menggunakan metode analisis visual suatu grafik yang meliputi analisis dalam kondisi dan antar kondisi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa tunarungu kelas V SLB B/C Bina Bangsa Nelom Taman Sidoarjo dengan jumlah subyek sebayak 2 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode test dan metode observasi. Hasil penelitian dalam kondisi dan antar kondisi serta grafik menunjukkan bahwa terlihat adanya perubahan perilaku dengan indikator siswa dapat menggunakan benda-benda sekitar untuk kegiatan pembelajaran, keaktifan bertanya, kualitas inkuiri siswa, keaktifan siswa dalam melakukan percobaan serta kuantitas menirukan pemodelan terhadap hasil belajar IPA dengan penerapan pembelajaran CTL dengan hasil penelitian menunjukkan peningkatan dengan panjang kondisi 5 pada baseline (A) dan 7 pada intervensi (B) secara stabil dengan arah trend yang sama-sama positif (+), kecenderungan stabilitas kedua subyek mencapai 86% dan dn data overlapdari analisis antar kondisi kedua subyek adalah 0% sehingga adanya pengaruh intervensi terhadap target perilaku yaitu hasil belajar IPA.
 
Publisher Program Studi PGMI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
 
Date 2015-03-21
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/44
 
Source MODELING: Jurnal Program Studi PGMI; Vol 2 No 1 (2015): Maret; 14-20
2477-667X
2442-3661
 
Language eng
 
Relation http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/44/44