Record Details

Pemerolehan Bahasa Arab Anak Usia 4 s.d. 8 Tahun di Pondok Modern Arrisalah Ponorogo

Lingua Franca

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pemerolehan Bahasa Arab Anak Usia 4 s.d. 8 Tahun di Pondok Modern Arrisalah Ponorogo
 
Creator Adiluhung, Melani Candra Fransika
Azzahro, Vivia Salma
Nafi’atus, Melani Widya
Wijayanti, Lisma Meilia
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemerolehan Bahasa Arab anak usia 4 s.d. 8 tahun di Pondok Arrisalah Ponorogo. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Objek kajian dalam penelitian ini dilakukan terhadap anak-anak usia 4 s.d. 8 tahun tingkat PIAUD sampai SD di Pondok Modern Arrisalah Ponorogo. Tujuannya agar pengawasan terhadap perkembangan bahasa arab terus berjalan, sehingga mampu meningkatkan kepandaian anak dalam berbahasa Arab. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik rekam, simak, dan catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemerolehan Bahasa Arab anak usia 4 s.d 8 tahun di Pondok Arrisalah Ponorogo belum sepenuhnya sempura. Hal itu karena masih banyak yang perlu diperbaiki, seperti pelafalan bunyi yang salah, penambahan bunyi yang tidak perlu, dan pengucapan panjang pendeknya huruf yang masih kurang tepat.
This study aims to describe the acquisition of Arabic for children aged 4 to d. eight years at Pondok Arrisalah Ponorogo. This type of research is qualitative with a qualitative descriptive approach. The study's object was conducted on children aged 4 to d. eight years from PIAUD to SD at Pondok Modern Arrisalah Ponorogo. The goal is that supervision of the development of the Arabic language continues to improve children's intelligence in Arabic. The data collection method is recording, listening, and taking notes. The results showed that the acquisition of Arabic for children aged 4 to 8 years at Pondok Arrisalah Ponorogo was not yet perfect. This is because many things still need to be improved, such as the pronunciation of wrong sounds, the addition of unnecessary sounds, and the articulation of long and short letters that are still not quite right.
 
Publisher Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo
 
Date 2022-02-08
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/lingua_franca/article/view/1220
10.37680/lingua_franca.v1i1.1220
 
Source Lingua Franca; Vol 1 No 1 (2022): Linguistics and Literary Studies (in Progress); 26-39
2809-9079
2809-9133
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/lingua_franca/article/view/1220/660
 
Rights Copyright (c) 2022 Melani Candra Fransika Adiluhung, Vivia Salma Azzahro, Melani Widya Nafi’atus, Lisma Meilia Wijayanti
http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0