Record Details

Komparasi Komponen Hybrid Learning Model dalam Matakuliah Eksakta

BASICA: Journal of Arts and Science in Primary Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Komparasi Komponen Hybrid Learning Model dalam Matakuliah Eksakta
 
Creator Purwantiningsih, Budi
 
Description Tujuan Penelitian untuk mengetahui perbedaan dan komparasi pembelajaran hybrid learning dengan mengkombinasikan antara offline, online, dan belajar mandiri. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan menggunakan komparatif antara nilai mata kuliah eksakta yaitu IPA, Statistik dan Matematika. Penelitian dilaksanakan bulan Sepetember – Desember tahun 2020 dengan sampel 27 mahasiswa. Adapun teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji hipotesis, Uji Komparasi One Way Anava dan post hoc test. Hasil penelitian menunjukkan 1) Terdapat perbedaan komponen hybrid learning model dalam mata kuliah IPA dengan hasil F hitung (17,208) > F tabel (2,98), berdasarkan uji Post Hoc test  didapatkan penerapan hybrid learning model adalah face to face 35%, online learning  34%, dan self-pace asynchronous  31%. 2) Terdapat perbedaan komponen hybrid learning model dalam mata kuliah Statistik dengan hasil F hitung (17,208) > F tabel (2,98), berdasarkan uji Post Hoc test didapatkan penerapan hybrid learning model adalah face to face 35%, online learning 33%, dan self-pace asynchronous  32%. 3) Terdapat perbedaan komponen hybrid learning model dalam mata kuliah Matematika dengan hasil F hitung (17,208) > F tabel (2,98), berdasarkan uji Post Hoc tes) adalah  hybrid learning model adalah face to face 35%, online learning 33%, dan self-pace asynchronous 32%.
 
Publisher Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah INSURI Ponorogo
 
Date 2021-12-25
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/basica/article/view/1103
10.37680/basica.v1i2.1103
 
Source BASICA: Journal of Arts and Science in Primary Education; Vol 1 No 2 (2021): Models and Strategy Learning for Primary Education; 141-160
2797-0965
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/basica/article/view/1103/594
 
Rights Copyright (c) 2021 Budi - Purwantiningsih
http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0