Penguatan Manajemen Madrasah Menuju Madrasah Hebat Bermartabat
BASICA: Journal of Arts and Science in Primary Education
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Penguatan Manajemen Madrasah Menuju Madrasah Hebat Bermartabat
|
|
Creator |
Fauyan, Muchamad
|
|
Description |
Masyarakat Kota Pekalongan memiliki minat yang baik terhadap Madrasah Ibtidaiyah dibanding sekolah dasar negeri. Hal itu dibuktikan dengan lebih banyaknya jumlah madrasah dan sekolah dasar Islam di Pekalongan. Namun demikian, trend untuk menyekolahkan anak-anak ke madrasah di lingkungan kota Pekalongan belum diimbangi dengan jumlah prestasi madrasah khususnya madrasah swasta di bawah naungan Lembaga Pendidikan Maárif Nahdlatul Ulama (LP Maárif NU). Masalah tersebut disebabkan karena lemahnya manajemen, rendahnya kualitas SDM, beban berat kurikulum, kurangnya perhatian pemerintah, dan minimnya kemitraan. Tujuan dari pemberdayaan ini adalah untuk memberdayakan madrasah di lingkungan Yayasan Al-Muttaqin di bawah naungan LP Maárif NU dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 menuju madrasah hebat dan bermartabat dengan indikator hebat dalam perangkat dan proses pembelajarannya. Subjek dampingan kegiatan pemberdayaan ini adalah pengurus Yayasan, Kepala Madrasah, dan guru. Hasil pelaksanaan program adalah 1) telah dilaksanakan pelatihan Manajemen Berbasis Madrasah dan pembelajaran aktif serta penyusunan perangkat pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS) dan 4 C (Critical thinking, Creativity, Collaboration, and Communication), 2) dihasilkannya dokumen perangkat pembelajaran kurikulum 2013.
|
|
Publisher |
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah INSURI Ponorogo
|
|
Date |
2021-12-17
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/basica/article/view/1067
10.37680/basica.v1i2.1067 |
|
Source |
BASICA: Journal of Arts and Science in Primary Education; Vol 1 No 2 (2021): Models and Strategy Learning for Primary Education; 103-120
2797-0965 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/basica/article/view/1067/583
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Muchamad Fauyan
http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 |
|