Record Details

Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Mengintegrasikan Nilai Nilai Multikultural Untuk Membentuk Karakter Toleransi

Mudir : Jurnal Manajemen Pendidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Mengintegrasikan Nilai Nilai Multikultural Untuk Membentuk Karakter Toleransi
 
Creator Yumnah, Siti
 
Subject Integrasi
multikultural
nilai
pembelajaran PAI
 
Description Indonesia merupakan negara berdaulat yang memiliki keragaman budaya yang masih tetap terpelihara dengan baik. Namun akibat laju perkembangan zaman yang semakin kencang, banyak isu ataupun desas-desus mengenai paham intoleransi yang sedang menjangkiti tubuh dikalangan masyarakat maupun kebudayaan kita. Adapun upaya untuk membendung paham intoleransi tersebut agar tidak menjalar kemana-mana ialah melalui jalur pendidikan, khususnya pendidikan agama Islam. pendidikan agama Islam diharapkan mampu mewujudkan perbaikan sikap, dan mental, peserta didik yang religius dan multikulturalis agar terbentuk peserta didik yang memiliki karakter toleransi. Salah satu upayanya ialah melalui pengintegrasian nilai-nilai multikultural ke dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. tujuan integrasi nilai-nilai multikultural tersebut ke dalam pembelajaran pendidikan agam Islam supaya menambah pengetahuan, mengembangkan sikap toleransi, dan tingkah laku untuk dapat hidup saling menghormati, toleran, penuh perdamaian, saling membantu, dan anti kekerasan. Pendidikan multikultural yang dilakukan bertujuan untuk mewujudkan persaudaraan sejati antar umat beragama yang dilandasi dengan sikap toleransi-aktif, kejujuran, penghargaan terhadap kebebasan beragama dan berkeyakinan.
 
Publisher Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan
 
Date 2020-01-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.insud.ac.id/index.php/MPI/article/view/103
10.55352/mudir.v2i1.103
 
Source Mudir : Jurnal Manajemen Pendidikan; Vol 2 No 1 (2020): January; 11-19
2657-2230
2655-9331
10.55352/mudir.v2i1
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.insud.ac.id/index.php/MPI/article/view/103/81
 
Rights Copyright (c) 2020 Mudir : Jurnal Manajemen Pendidikan
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0