Record Details

Manajemen Sarana dan Prasarana oleh Kepala Madrasah di MI Nashruddin Sumurber Panceng Gresik

Mudir : Jurnal Manajemen Pendidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Manajemen Sarana dan Prasarana oleh Kepala Madrasah di MI Nashruddin Sumurber Panceng Gresik
 
Creator Muhyiddin, Muhammad
 
Subject Manajemen
kepemimpinan
sarana-prasarana
madrasah
 
Description Madrasah sebagai lembaga pendidikan Islam begitu penting perannya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Demi memperlancar proses pembelajaran di sebuah lembaga pendidikan maka ketersediaan sarana dan prasarana begitu dibutuhkan. Walaupun begitu terbatasa sarana dan prasarana yang dimiliki oleh lembaga madrasah, maka pentingnya peran pimpinan sebagai ujung tombak majunya sebuah lembaga pendidikan khususnya dalam memenuhi sarana dan prasarana yang memiliki standar minimal, begitu pula di MI Nashruddin Desa Sumurber Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik. penelitian ini bertujuan menjawab beberapa rumusan masalah; pertama, tentang peran kepala madrasah dalam pengadaan srana dan prasarana madarsah di MI Nashruddin Sumurber Panceng Gresik. Kedua, adalah bagaimana pengelolaan dan pendayagunaan sarana dan prasarana di MI Nashruddin Sumurber Panceng Gresik?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, interview atau wawancara serta dokumentasi. Kepala madrasah dalam upaya pengadaan sarana dan prasarana madrasah dilakukan lewat koordinasi dengan Waka sarana dan prasarana madrasah,  penerimaan dana BOS dan sumbangan dari organisasi masyarakat serta organisasi partai poltik. Hal yg perlu dicermati dalam hal pengelolaan kepala sekolah melimpahkan tugas sepenuhnya kepada waka sarana dan prasarana dalam mengelola sarana dan prasarana madrasah. Sedangkan dalam hal pendayagunaan kepala madrasah mengupayakan untuk mendorong seluruh guru dalam mendayagunakan sarana yang ada didalam proses belajar mengajar yang secara umum bertujuan untuk meningkatkan efektifitas dan efesiensi dalam kegiatan proses pembelajaran. Disarankan perlunya konsistenitas dan kontinu dalam meningkatkan kualitas pendidikan serta menambah relasi dan melibatkan berbagai stakeholder yang ada di lembaga tersebut demi pencapaian program madrasah
 
Publisher Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan
 
Date 2019-07-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.insud.ac.id/index.php/MPI/article/view/86
10.55352/mudir.v1i2.86
 
Source Mudir : Jurnal Manajemen Pendidikan; Vol 1 No 2 (2019): July; 126-133
2657-2230
2655-9331
10.55352/mudir.v1i2
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.insud.ac.id/index.php/MPI/article/view/86/70
 
Rights Copyright (c) 2019 MUDIR
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0