Record Details

Manajemen Pembelajaran Al Quran dengan Metode An Nahdliyah di TPQ At Thoyyibiyah Baureno Bojonegoro

Mudir : Jurnal Manajemen Pendidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Manajemen Pembelajaran Al Quran dengan Metode An Nahdliyah di TPQ At Thoyyibiyah Baureno Bojonegoro
 
Creator Fadli, Akhmad
 
Subject Manajemen
pembelajaran al-Qur'an
metode An-Nahdliyah.
 
Description Kualitas bacaan al Quran perlu menjadi perhatian khusus bagi setiap mukmin. Karena indikator muslim yang beriman, salah satunya dapat diukur dari kualitas bacaan al Qurannya.  Oleh karenanya mempelajari al Quran bagi setiap muslim harus dimulai sejak dini. Banyak metode pembelajaran al Quran di Indonesia. salah satunya adalah metode An-Nahdliyah yang digadangkan sebagai salah satu metode alternatif dalam meningkatkan kualitas membaca al-Quran. Permasalahan pada penelitian ini, yaitu; bagaimana manajemen pembelajaran al-Quran dengan metode An-Nahdliyah di TPQ At Thoyyibiyah Baureno Bojonegoro?; bagaimana kualitas bacaan al-Qur’an di TPQ At-Thoyyibiyah Baureno Bojonegoro?. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini, bahwa implementasi pembelajaran al-Qur’an dengan metode An-Nahdliyah dilakukan dengan langkah-langkah berikut: 1. Persiapan pelaksanaan pembelajaran di kelas; 2. Pelaksanaan pembelajaran di kelas; 3. Penilaian (Evaluasi). Kualifikasi ustadz harus memenuhi standar minimal, yakni mengikuti penataran oleh Jami’atul Qurra’ wal Hufadz (JAMQUR) Jawa Timur. Peran JAMQUR sangat penting sekali, baik sebagai pendamping, supervisor dan evaluator pembelajaran. Disimpulkan bahwa pembelajaran al-Quran dengan metode An-Nahdliyah sangat efektif meningkatkan kualitas bacaan santri madrasah diniyah (MADIN) At-Thoyyibiyah dengan indikator-indikator berikut: santri mampu membaca al-Quran dengan lancar, santri mampu membaca al-Quran dengan benar, santri berhati-hati dalam membaca al-Quran, santri mampu merasakan ketika ada bacaan yang tidak sesuai dengan kaidah tajwid. Catatan yang perlu menjadi dasar perbaikan pembelajaran, yakni perlunya inovasi ustadz/ustadzah dalam pembelajaran dengan menerapkan berbagai strategi, metode dan media pembelajaran yang disesuaikan dengan tingkat perkembangan santri agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.
 
Publisher Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan
 
Date 2019-07-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.insud.ac.id/index.php/MPI/article/view/62
10.55352/mudir.v1i2.62
 
Source Mudir : Jurnal Manajemen Pendidikan; Vol 1 No 2 (2019): July; 87-98
2657-2230
2655-9331
10.55352/mudir.v1i2
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.insud.ac.id/index.php/MPI/article/view/62/67
 
Rights Copyright (c) 2019 MUDIR
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0