Record Details

PENGARUH CLASSMARKER TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 1 BOYOLALI

SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGARUH CLASSMARKER TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 1 BOYOLALI
 
Creator Narjosoeripto, Pranowo
Harsan, Toni
Purbosari, Para Mitta
 
Description Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh aplikasi classmarker terhadap hasil belajar IPS di Sekolah Dasar Negeri 1 Boyolali. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan. Populasi penelitian berjumlah 21 siswa di Sekolah Dasar Negeri 1 Boyolali. Penelitian ini penulis melakukan uji coba produk di Sekolah Dasar Negeri 1 Boyolali. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 21 siswa. Teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling atau pemilihan subjek penelelitian berdasarkan pilihan langsung dari guru yang bersangkutan dikarenakan alasan tertentu. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengukuran dan teknik dokumentasi, dengan alat pengumpul data berupa angket. Teknik analisis data menggunakan analisis sttistis dengan SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukan bahwa didapatkan thitung adalah 2,963 dengan ttabel adalah 1,670 sehingga dapat ditulis thitung > ttabel (2,963> 1,670) yang dapat diartikan H1 diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan perhitungan, dapat disimpulkan pengaruh yang signifikan pada penerapan evaluasi pembelajaran berbasis classmarker terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 1 Boyolali.
 
Publisher Fakultas Tarbiyah INSURI Ponorogo
 
Date 2020-03-27
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/scaffolding/article/view/263
10.37680/scaffolding.v2i1.263
 
Source SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme; Vol 2 No 1 (2020): Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0; 50-56
2656-4491
2656-4548
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/scaffolding/article/view/263/206
 
Rights Copyright (c) 2020 SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme