Record Details

Pengembangan Media Board Game Ular Tangga Pada Materi Metamorfosis Kupu-Kupu Tema 3 Subtema 2 Kelas IV SDN 169 Pekanbaru

QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengembangan Media Board Game Ular Tangga Pada Materi Metamorfosis Kupu-Kupu Tema 3 Subtema 2 Kelas IV SDN 169 Pekanbaru
 
Creator Hidayah, Uswatun
Ain, Siti Quratul
 
Description Media pembelajaran merupakan salah satu komponen belajar yang sangat diperlukan saat melaksanakan pembelajaran, demi menunjang suatu tujuan pemebelajaran. Pemanfaatan media pembelajaran seharusnya menjadi bagian yang sangat diperhatikan oleh seorang pendidik sebagai fasilitator kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian Mengembangkan media pembelajaran board game ular tangga pada materi metamorphosis kupu-kupu tema 3 subtema 2 di kelas IV yang valid. Model pembelajaran yang digunakan peneliti yaitu model ADDIE (Analysis, Design, Development Implementasi, dan Evaluation). Penelitian yang dilakukan peneliti yang membatasi tahap model ADDIE sampai tahap ke-3 yaitu development karena sekarang masih masa pandemic covid-19. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian adalah dokumentasi dan lembar validasi dari ahli media dan ahli materi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil validasi oleh media memperoleh nilai sebesar 97,5% dengan kategori sangat valid sedangkan validasi oleh ahli materi memperoleh nilai sebesar 95,29% dengan kategori sangat valid. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran board game valid untuk digunakan pada pembelajaran materi metamorfosis kupu-kupu tema 3 subtema 2 kelas IV.
 
Publisher Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah Program Pascasarjana IAI Sunan Giri Ponorogo
 
Date 2021-10-06
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/qalamuna/article/view/1020
10.37680/qalamuna.v13i2.1020
 
Source QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama; Vol 13 No 2 (2021): Qalamuna - Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama; 557-576
2656-9779
1907-6355
10.37680/qalamuna.v13i2
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/qalamuna/article/view/1020/531
 
Rights Copyright (c) 2021 Uswatun Hidayah, Siti Quratul Ain
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0