Record Details

Kemampuan Membaca Data dan Rasa Ingin Tahu Siswa Terhadap Kemampuan Literasi Statistik

QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Kemampuan Membaca Data dan Rasa Ingin Tahu Siswa Terhadap Kemampuan Literasi Statistik
 
Creator Setiani, Nurokhmi Wahyu
Suyitno, Amin
 
Description Kemampuan literasi statistik merupakan kemampuan yang dibutuhkan siswa dalam menghadapi pendidikan di abad-21. Faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan literasi statistik antara lain rasa ingin tahu dan kemampuan siswa dalam membaca data. Namun begitu, kemampuan literasi statistik dalam pembelajaran di sekolah masih rendah, sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi statistik siswa berdasarkan kemampuan membaca data serta rasa ingin tahu. Dimana membaca data merupakan kemampuan dasar dalam literasi dan rasa ingin tahu merupakan salahsatu faktor penting yang dapat mempengaruhi kemampuan siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMK Komputama Jeruklegi dengan dipilih empat siswa sebagai subjek penelitian. Pengambilan subjek tersebut berdasarkan hasil angket curiosity siswa dan tes literasi statistik. Hasil penelitian diperoleh bahwa dari masing-masing kategori rasa ingin tahu akan memunculkan indikator kemampuan literasi statistik yang berbeda-beda. Siswa kategori curiosity sangat tinggi dapat memunculkan semua indikator literasi statistik. Siswa kategori curiosity tinggi dan sedang dapat memunculkan indikator literasi statistik antara lain memahami data, menghitung data, menyajikan data, serta menarik kesimpulan dari data. Terakhir, siswa kategori curiosity rendah masih membutuhkan bantuan hampir diseluruh indikator kemampuan literasi statistik.
 
Publisher Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah Program Pascasarjana IAI Sunan Giri Ponorogo
 
Date 2021-07-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/qalamuna/article/view/915
10.37680/qalamuna.v13i2.915
 
Source QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama; Vol 13 No 2 (2021): Qalamuna - Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama; 257-270
2656-9779
1907-6355
10.37680/qalamuna.v13i2
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/qalamuna/article/view/915/471
 
Rights Copyright (c) 2021 Nurokhmi Wahyu Setiani, Amin Suyitno
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0