Record Details

Konsep Pendidikan Rasulullah dan Refleksi Kompetensi Holistik Sahabat

QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Konsep Pendidikan Rasulullah dan Refleksi Kompetensi Holistik Sahabat
 
Creator Zulherma, Zulherma
Tafiati, Tafiati
Sumiarti, Sumiarti
Wendry, Novizal
 
Description Penelitian ini dilakukan berlatar belakang mendalami studi tentang peran Rasulullah sebagai seorang edukator atau pendidik. Penelitian memiliki tujuan untuk menemukan bagaimana Rasulullah berperan sebagai pendidik yang dianalisis dari prestasi-prestasi dalam kehidupan para sahabat yang menjadi murid Rasulullah dan telah didik secara holistik, dengan mengajarkan pendidikan dengan strategi, metode dan kurikulum yang bersumber dari Allah, sehingga kompetensi daya pikir (head), kecekatan (hand) dan hati (heart) menjadi maksimal dan secara holistik menjadi kemampuan bagi murid-muridnya. Metode penelitian ini adalah studi pustaka, peneliti melakukan studi terhadap sejumlah referensi terkait buku-buku, jurnal-jurnal, maupun bacaan yang berbasis dengan studi ini, terutama menganalisis berbagai referensi-referensi terkait Rasulullah sebagai pendidik dan berbagai prestasi para sahabat, yang namanya tercantum dalam salah satu hadis. Hasil studi ini menyimpulkan bahwa adanya kompetensi holistik dalam praktik kehidupan para sahabat dan Rasulullah merupakan seorang guru yang telah mendidik muridnya dengan kemampuan menyeluruh yang terefleksi dalam berbagai prestasi sahabat dalam mereka menjalani kehidupannya. 
 
Publisher Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah Program Pascasarjana IAI Sunan Giri Ponorogo
 
Date 2021-09-14
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/qalamuna/article/view/909
10.37680/qalamuna.v13i2.909
 
Source QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama; Vol 13 No 2 (2021): Qalamuna - Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama; 411-428
2656-9779
1907-6355
10.37680/qalamuna.v13i2
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/qalamuna/article/view/909/503
 
Rights Copyright (c) 2021 Zulherma Zulherma, Tafiati Tafiati, Sumiarti Sumiarti, Novizal Wendry
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0