Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa
QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa
|
|
Creator |
Firdaus, Aulia
Asikin, Mohammad Waluya, Budi Zaenuri, Zaenuri |
|
Description |
Mathematical literacy is one of the most important skills to be developed for each student. Moreover, in the era of the 4.0 century, literacy skills are very important for students to be able to solve problems in real life. Therefore, it is necessary to conduct research in developing and improving students' mathematical literacy skills.This study aims to conduct a literature review related to the use of PBL in improving mathematical literacy skills. The research method chosen in this research is SLR (Systematic Literature Review. Data collection is done by documenting all articles that have similar research in this research report. The articles used in the study were 20 articles of accredited national journals from sinta 1 to sinta 4 obtained from google Based on this research, it was found that the PBL (Problem Based Learning) learning model can improve students' mathematical literacy skills. Based on the literature review conducted, the PBL learning model can be developed in learning mathematics at the SMP/MTS and SMA/MA levels. Keywords: Problem Based Learning, Mathematical Literacy, SLR Abstrak Kemampuan literasi matematika merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting dikembangkan pada masing-masing siswa. Terlebih lagi pada era abad 4.0 bahwa kemampuan literasi menjadi sangat penting dimiliki oleh siswa untuk dapat menyelesaikan persoalan dalam kehidupan nyata. Oleh sebab perlu dilakukan penelitian dalam mengembangkan dan meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literature terkait dengan penggunaan PBL dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika. Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah SLR (Systematic Literature Review. Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasikan semua artikel yang memiliki penelitian serupa pada laporan penelitian ini. Artikel yang digunakan pada penelitian sebanyak 20 artikel jurnal nasional terakkreditasi sinta 1 hinga sinta 4 yang diperoleh dari google schoolar. Berdasarkan penelitian ini di dapatkan bahwa model pembelajaran PBL (Problem Based Learning)dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika peserta didik. Berdasarkan kajian literatur yang dilakukan bahwa model pembelajaran PBL dapat dikembangkan dalam pembelajaran matematika di jenjang SMP/ MTS dan SMA/MA. |
|
Publisher |
Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah Program Pascasarjana IAI Sunan Giri Ponorogo
|
|
Date |
2021-07-02
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/qalamuna/article/view/871
10.37680/qalamuna.v13i2.871 |
|
Source |
QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama; Vol 13 No 2 (2021): Qalamuna - Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama; 187-200
2656-9779 1907-6355 10.37680/qalamuna.v13i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/qalamuna/article/view/871/462
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Aulia Firdaus
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|