Record Details

Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa

QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa
 
Creator Firdaus, Aulia
Asikin, Mohammad
Waluya, Budi
Zaenuri, Zaenuri
 
Description Mathematical literacy is one of the most important skills to be developed for each student. Moreover, in the era of the 4.0 century, literacy skills are very important for students to be able to solve problems in real life. Therefore, it is necessary to conduct research in developing and improving students' mathematical literacy skills.This study aims to conduct a literature review related to the use of PBL in improving mathematical literacy skills. The research method chosen in this research is SLR (Systematic Literature Review. Data collection is done by documenting all articles that have similar research in this research report. The articles used in the study were 20 articles of accredited national journals from sinta 1 to sinta 4 obtained from google Based on this research, it was found that the PBL (Problem Based Learning) learning model can improve students' mathematical literacy skills. Based on the literature review conducted, the PBL learning model can be developed in learning mathematics at the SMP/MTS and SMA/MA levels.
Keywords: Problem Based Learning, Mathematical Literacy, SLR
 
Abstrak
Kemampuan literasi matematika merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting dikembangkan pada masing-masing siswa. Terlebih lagi pada era abad 4.0 bahwa kemampuan literasi menjadi sangat penting dimiliki oleh siswa untuk dapat menyelesaikan persoalan dalam kehidupan nyata. Oleh sebab perlu dilakukan penelitian dalam mengembangkan dan meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literature terkait dengan penggunaan PBL dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika. Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah SLR (Systematic Literature Review. Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasikan semua artikel yang  memiliki  penelitian  serupa  pada  laporan  penelitian  ini.     Artikel  yang digunakan pada penelitian sebanyak 20 artikel jurnal nasional terakkreditasi sinta 1 hinga sinta 4 yang diperoleh dari google schoolar. Berdasarkan penelitian ini di dapatkan bahwa model pembelajaran PBL (Problem Based Learning)dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika peserta didik. Berdasarkan kajian literatur yang  dilakukan  bahwa model  pembelajaran  PBL  dapat  dikembangkan dalam pembelajaran matematika di jenjang SMP/ MTS dan SMA/MA.
 
Publisher Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah Program Pascasarjana IAI Sunan Giri Ponorogo
 
Date 2021-07-02
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/qalamuna/article/view/871
10.37680/qalamuna.v13i2.871
 
Source QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama; Vol 13 No 2 (2021): Qalamuna - Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama; 187-200
2656-9779
1907-6355
10.37680/qalamuna.v13i2
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/qalamuna/article/view/871/462
 
Rights Copyright (c) 2021 Aulia Firdaus
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0