Record Details

Implementasi Metode Inquiry dan Hypnosis Perspektif Pendidikan Islam Klasik (Studi Kasus di Sekolah Menengah Atas Immersion Ponorogo)

QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Implementasi Metode Inquiry dan Hypnosis Perspektif Pendidikan Islam Klasik (Studi Kasus di Sekolah Menengah Atas Immersion Ponorogo)
 
Creator Afif, Yusmicha Ulya
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan metode inquiry dan hypnosis sebagai metode pembelajaran di SekolahMenengah Atas Immersion Ponorogo dalam perspektif Pendidikan Islam Klasik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulandata melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode inquiry memiliki banyak keunggulan baik diranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Metode inquiry sepadan dengan metode diskusi dan rihlah dalam perspektif pendidikan Islam klasik. Sedangkan metode hypnosis hanya efektif diranah kognitif karena metode ini siswa dapat lebih cepat untuk memahami materi yang disampaikan guru. Dengan metode hypnosis suasana kelas lebih kondusif dan lebih tenang. Meskipun demikian, metode hypnosis tidak dikenal dalam konsep pendidikan Islam klasik. Tetapi penerapannya tidak bertentangan dengan konsep pendidikan Islam klasik karena metode hypnosis digunakan untuk mengoptimalkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran dan tidak ada unsur magis didalamnya.
 
Publisher Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah Program Pascasarjana IAI Sunan Giri Ponorogo
 
Date 2019-11-21
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/qalamuna/article/view/144
10.5281/zenodo.3559257
 
Source QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama; Vol 10 No 02 (2018): Qalamuna - Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama
2656-9779
1907-6355
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/qalamuna/article/view/144/136
 
Rights Copyright (c) 2018 QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama