Record Details

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR

Education and Learning of Elementary School

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR
 
Creator Aprida Niken Palupi
Edi Sulistiyono
Santy Dinar Permata
Uci Ulfa Nur’Afifah
 
Subject Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Hasil Belajar
 
Description Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif, dengan pengamatan pada siswa atau peserta didik dengan melibatkan guru, siswa, orang tua, dan komite sekolah. Hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh anak adalah terjadinya perubahan perilaku secara holistik. Kecerdasan emosional merupakan hasil dari proses belajar. Kemampuan guru dalam melatih dimensi emosi harus dipandang sebagai bagian esensial pembelajaran. Penerapan kecerdasan emosional dapat dilakukan secara luas dalam berabgai sesi, aktivitas dan bentuk-bentuk spesifik pembelajaran. Bagi guru untuk mengkaji aspek-aspek yang berkaitan dengan emosi, bagaimana melatih dimensi-dimensi emosi melalui proses pembelajaran sehingga diharapkan semuanya dapat bermuara pada peningkatan potensi anak secara optimal.
 
Publisher Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Modern Ngawi
 
Date 2021-04-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/ELES/article/view/259
 
Source Education and Learning of Elementary School ; Vol 1 No 02 (2021): Edisi April; 1-9
2747-0652
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/ELES/article/view/259/138
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/ELES/article/view/259/139
 
Rights Copyright (c) 2021 Education and Learning of Elementary School