Record Details

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI BERORGANISASI PELAJARAN PKN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SQ3R PADA SISWA KELAS V SEMESTER 2 SD AL-AZHAR KECAMATAN KEDUNGGALAR KABUPATEN NGAWI

Education and Learning of Elementary School

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI BERORGANISASI PELAJARAN PKN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SQ3R PADA SISWA KELAS V SEMESTER 2 SD AL-AZHAR KECAMATAN KEDUNGGALAR KABUPATEN NGAWI
 
Creator Agus Wahyudi
Widya Trio Pangestu
Prima Rias Wana
 
Subject Hasil belajar
Pkn
Model Pembelajaran SQ3R
 
Description Abstrak
Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi berorganisasi pelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran SQ3R pada siswa kelas V semester 2 SD Al-Azhar Kedunggalar, Kecamatan Kedunggalar, Kabupaten Ngawi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, perlakuan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi hasil belajar siswa dan tes yang diisi siswa. Dengan teknik-teknik tersebut diharapkan dapat diperoleh data yang akurat dan lengkap. Dari analisis model pembelajaran SQ3R dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Al-Azhar Kedunggalar, Kecamatan Kedunggalar, Kabupaten Ngawi. Hal ini dapat dilihat dari hasil siklus I dengan kategori “Kurang”, siklus II dengan kategori “Kurang” dan mengalami peningkatan pada siklus III menjadi “Baik”. Hasil belajar siswa yang semula 55% dan mengalami peningkatan sebesar 91%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran SQ3R dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Al-Azhar Kedunggalar, Kecamatan Kedunggalar, Kabupaten Ngawi dengan materi berorganisasi pada pelajaran PKn.
 
Publisher Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Modern Ngawi
 
Date 2021-04-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/ELES/article/view/253
 
Source Education and Learning of Elementary School ; Vol 1 No 02 (2021): Edisi April
2747-0652
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/ELES/article/view/253/137
 
Rights Copyright (c) 2021 Education and Learning of Elementary School