Record Details

Urgensi Nilai dan Moral Sebagai Subteori dalam Pembelajaran Pkn di Sekolah Dasar

Education and Learning of Elementary School

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Urgensi Nilai dan Moral Sebagai Subteori dalam Pembelajaran Pkn di Sekolah Dasar
 
Creator Ajeng Tasya Septiana
Aulia Azmi
Masitoh Nur Kharimah
Nurdin Nur Syamsuri
 
Subject pendidikan, karakteristik, oknum
 
Description Pendidikan kewarganegaraan merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang diajarkan dari tingkat SD maupun perguruan tinggi, dalam Undang-undang No. 20 Tahun 2003  pasal 3 tentang sistem pendidikan nasional menyatakan bahwa pedidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Hal ini pun tertuang dalam UUD 1945 pada alinea ke empat di yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, sehingga perlu penekanan pengetahuan agar generasi mampu berilmu baik itu terlihat dari cara berpikir maupun dari perbuatan, dan PKn menjadi mata pelajaran yang memiliki pesan-pesan nilai dan moral yang terkandung didalamnya salah satunya adalah pada mata pelajaran pembelajaran PKn di SD. Untuk mewujudkannya maka perlu bantuan dari oknum untuk mentransferkan pengetahuan agar menjadi teladan bagi peserta didiknya yaitu seorang guru. Untuk itu nilai dan moral harus bisa menjadi karakteristik pembelajaran PKn di SD dan ketika hal itu mampu dilaksanakan disitulah akan terlihat bahwa dalam pembelajaran PKn hadir untuk menanamkan nilai dan moral bagi generasi bangsa.
 
Publisher Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Modern Ngawi
 
Date 2020-11-17
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/ELES/article/view/176
 
Source Education and Learning of Elementary School ; Vol 1 No 01 (2020): Education and Learning of Elementary School; 37-43
2747-0652
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/ELES/article/view/176/96