Record Details

Pengaruh Metode Pembelajaran Quizy Team Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN Dempel 2

Education and Learning of Elementary School

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengaruh Metode Pembelajaran Quizy Team Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN Dempel 2
 
Creator Yasinta Yoga Pradita
 
Subject metode, quizy team, prestasi belajar
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mendeskripsikan keterlaksanaan metode pembelajaran quizy teamterhadap prestasi belajar siswa kelas 5 pada mata pelajaran IPA; 2) Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelaksanaan metode pembelajaran quizy team. Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian ini adalah  seluruh siswa kelas 5 SDN Dempel 2, yang diambil sebagai sampel penelitian yaitu kelas 5A sebagai kelas eksperimen dan kelas 5B sebagai kelas kontrol. Jumlah siswa kelas eksperimen adalah 12 siswa dan kelas kontrol adalah 8 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tes (pretest dan posttest) yang berupa sejumlah soal pilihan ganda yang diberikan pada siswa. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Dari hasil pengolahan data di peroleh bahwa thitung > ttabel pada taraf signifikan 5% (0,05) artinya hipotesis nol ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar IPA siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran quizy team lebih baik daripada menggunakan metode pemebelajaran ceramah.
 
Publisher Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Modern Ngawi
 
Date 2020-11-17
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/ELES/article/view/172
 
Source Education and Learning of Elementary School ; Vol 1 No 01 (2020): Education and Learning of Elementary School; 10-18
2747-0652
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/ELES/article/view/172/92