Record Details

PENGEMBANGAN PENGETAHUAN AGAMA ISLAM ANAK MELALUI KEGIATAN PESANTREN DI PONDOK ROUDHOTUL ILMI DUSUN KADISONO DESA KLANGONAN KEBOMAS GRESIK

Center Of Education Journal (CEJou)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGEMBANGAN PENGETAHUAN AGAMA ISLAM ANAK MELALUI KEGIATAN PESANTREN DI PONDOK ROUDHOTUL ILMI DUSUN KADISONO DESA KLANGONAN KEBOMAS GRESIK
 
Creator Nur Fadhilah, Rahma
 
Subject Pengembangan Agama Islam
Anak
Kegiatan Pesantren
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang macam macam kegiatan pesantren yang diterapkan serta pengemmbangan pengetahuan agama islam anak melalui kegiatan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Penggalian data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara mendalam. Sebagai pondok yang baru saja berdiri pada tahun 2014 dan masih dalam proses merintis mulai nol, pondok Roudhotul Ilmi memiliki upaya mengembangkan pengetahuan anak melalui kegiatan pesantren. Tentu ini adalah hal yang pertama dilakukan di lingkungan Dusun Kadisono dengan tujuan menghasilkan anak anak yang berilmu dan istiqomah dalam melakukan kewajiban sebagai seorang muslim. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat macam macam kegiatan yang dilakukan yaitu: sholat berjama’ah, pendidikan Al Qur’an, marhabanan, istighosah, rotibul hadad, manqib, diniyah. Semua kegiatan diatas dilakukan rutin sesuai jadwal yang telah diterapkan. Dilaksanakannya kegiatan tersebut bisa menjadi jalan bagi pengasuh dan juga orang tua dalam mengembangkan pengetahuan agama islam anak
 
Publisher Center Of Education Journal (CEJou)
 
Date 2022-03-21
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://journal.itsnupasuruan.ac.id/index.php/cejou/article/view/23
10.55757/cejou.v2i02.23
 
Source Center Of Education Journal (CEJou); Vol. 2 No. 02 (2021): Terbitan September 2021; 62-76
10.55757/cejou.v2i02
 
Language eng
 
Relation http://journal.itsnupasuruan.ac.id/index.php/cejou/article/view/23/23
 
Rights Copyright (c) 2021 Center Of Education Journal (CEJou)