Record Details

PENERAPAN METODE REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PEMBAGIAN PADA SISWA KELAS II SDN PUCANGTELU KECAMATAN KALITENGAH KABUPATEN LAMONGAN

Center Of Education Journal (CEJou)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENERAPAN METODE REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PEMBAGIAN PADA SISWA KELAS II SDN PUCANGTELU KECAMATAN KALITENGAH KABUPATEN LAMONGAN
 
Creator Listyoningsih, Elmi
A’isyah, Siti
 
Subject Pembagian
prestasi belajar
metode RME
 
Description Matematika merupakan ilmu yang bernalarnya abstrak, harus diberikan kepada anakanak SD yang cara berfikirnya masih dalam tahap berfikir kongkret terutama pada kelas rendah (1-3). Hasil belajar matematika siswa Kelas II SDN Pucangtelu pada kegiatan pra siklus menunjukkan bahwa 53,33% siswa mendapatkan nilai di bawah KKM yang ditentukan yaitu 70. Siswa kurang bisa memfokuskan perhatiannya terhadap materi yang disampaikan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pemahaman siswa terhadap materi pembagian setelah diterapkan metode RME. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SDN Pucangtelu Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan yang berjumlah 16 siswa. Desain penelitian menggunakan perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Analisis data yang digunakan statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian setelah menggunakan metode RME meningkat 90%, melebihi target belajar yang diinginkan peneliti yaitu 80%. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa, melalui metode RME dapat meningkatkan pemahaman siswa Kelas II SDN Pucangtelu mengenai materi operasi hitung pembagian
 
Publisher Center Of Education Journal (CEJou)
 
Date 2022-03-16
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://journal.itsnupasuruan.ac.id/index.php/cejou/article/view/11
10.55757/cejou.v1i02.11
 
Source Center Of Education Journal (CEJou); Vol. 1 No. 02 (2020): Terbitan September 2020; 36-49
10.55757/cejou.v1i02
 
Language eng
 
Relation http://journal.itsnupasuruan.ac.id/index.php/cejou/article/view/11/11
 
Rights Copyright (c) 2020 Center Of Education Journal (CEJou)