Record Details

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Center Of Education Journal (CEJou)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
 
Creator Puji Lestari, Risa
 
Subject Pengembangan Perangkat Pembelajaran
Investigasi Kelompok
Keterampilan Sosial
Hasil Belajar
 
Description Pembelajaran IPS mempunyai kontribusi yang penting bagi perkembangan siswa. Realitanya, hasil observasi pendidikan IPS masih belum dapat mengembangkan perkembangan siswa, pembelajaran masih bersifat konvensional dan kurang adanya kebermaknaan serta masih bersifat hafalan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk perangkat pembelajaran yang berkualitas. Model pengembangan Thiagarajan Four-D yang terdiri dari Define, Desigin, Development, dan Desiminate. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi Silabus, RPP, Buku Guru, Buku Siswa dan Tes Hasil Belajar. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Lidah Wetan II/462 Surabaya, sebanyak 36 siswa. Rancangan uji coba perangkat pembelajaran ini menggunakan one group pretest posttest. Hasil penelitian diperoleh bahwa perangkat pembelajaran valid dan reliabel terbukti nilai rata-rata adalah 3,53 dengan kategori valid dan reliabilitas 92%. Keterlaksanaan perangkat pembelajaran dari dua pertemuan ratarata 95% dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berjalan dengan sangat baik. Keefektifan pembelajaran dilihat dari hasil observasi keterampilan sosial mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan terlihat dari uji N-Gain yaitu pada 36 siswa menunjukkan bahwa ada 5 siswa yang memperoleh N- gain tinggi, 28 siswa memperoleh Ngain sedang dan 3 siswa memperoleh N-gain rendah. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok untuk Meningkatkan keterampilan Sosial dan Hasil Belajar pada Siswa Sekolah Dasar valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. Diharapkan penelitian ini bermanfaat bagi pendidik untuk dikembangkan di kelas pada tema atau materi yang lain
 
Publisher Center Of Education Journal (CEJou)
 
Date 2022-03-16
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://journal.itsnupasuruan.ac.id/index.php/cejou/article/view/8
10.55757/cejou.v1i02.8
 
Source Center Of Education Journal (CEJou); Vol. 1 No. 02 (2020): Terbitan September 2020; 15-18
10.55757/cejou.v1i02
 
Language eng
 
Relation http://journal.itsnupasuruan.ac.id/index.php/cejou/article/view/8/8
 
Rights Copyright (c) 2022 Center Of Education Journal (CEJou)