KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SMP DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN
Center Of Education Journal (CEJou)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SMP DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN
|
|
Creator |
Hanifah, Umi
|
|
Subject |
Komunikasi
Matematika Jenis Kelamin |
|
Description |
Komunikasi Matematika adalah aktivitas seseorang untuk mengekspresikn sebuah ide, konsep, ide matematika secara lisan maupun tulisan dalam bentuk simbol, gambar, data, grafik, tabel, dan lain sebagainya. Kemampuan komunikasi matematika juga mendapat perhatian khusus pada pendidikan di Indonesia. Masih banyak siswa yang mengomunikasian ide-ide matematikanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi siswa berdasarkan jenis kelaminnya. Tes kemampuan komunikasi siswa dalam penelitian ini menggunakan soal terbuka. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah empat orang siswa menengah yang terdiri dari dua subjek laki-laki dan dua subjek perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematika di antara empat subjek tersebut. Perbeaan kemampuan komunikasi matematika ditemukan pada cara atau srategi mereka dalam mengekspresikan ide matematika dan menjelaskan strategi penyelesaian soal
|
|
Publisher |
Center Of Education Journal (CEJou)
|
|
Date |
2022-03-16
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://journal.itsnupasuruan.ac.id/index.php/cejou/article/view/6
10.55757/cejou.v1i02.6 |
|
Source |
Center Of Education Journal (CEJou); Vol. 1 No. 02 (2020): Terbitan September 2020; 1-5
10.55757/cejou.v1i02 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://journal.itsnupasuruan.ac.id/index.php/cejou/article/view/6/6
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Center Of Education Journal (CEJou)
|
|