Record Details

KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SMP DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN

Center Of Education Journal (CEJou)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SMP DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN
 
Creator Hanifah, Umi
 
Subject Komunikasi
Matematika
Jenis Kelamin
 
Description Komunikasi Matematika adalah aktivitas seseorang untuk mengekspresikn sebuah ide, konsep, ide matematika secara lisan maupun tulisan dalam bentuk simbol, gambar, data, grafik, tabel, dan lain sebagainya. Kemampuan komunikasi matematika juga mendapat perhatian khusus pada pendidikan di Indonesia. Masih banyak siswa yang mengomunikasian ide-ide matematikanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi siswa berdasarkan jenis kelaminnya. Tes kemampuan komunikasi siswa dalam penelitian ini menggunakan soal terbuka. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah empat orang siswa menengah yang terdiri dari dua subjek laki-laki dan dua subjek perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematika di antara empat subjek tersebut. Perbeaan kemampuan komunikasi matematika ditemukan pada cara atau srategi mereka dalam mengekspresikan ide matematika dan menjelaskan strategi penyelesaian soal
 
Publisher Center Of Education Journal (CEJou)
 
Date 2022-03-16
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://journal.itsnupasuruan.ac.id/index.php/cejou/article/view/6
10.55757/cejou.v1i02.6
 
Source Center Of Education Journal (CEJou); Vol. 1 No. 02 (2020): Terbitan September 2020; 1-5
10.55757/cejou.v1i02
 
Language eng
 
Relation http://journal.itsnupasuruan.ac.id/index.php/cejou/article/view/6/6
 
Rights Copyright (c) 2022 Center Of Education Journal (CEJou)