Record Details

PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI KOTA PALU

Center Of Education Journal (CEJou)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI KOTA PALU
 
Creator Eka Riandhana, Taufiq
 
Subject Kompetensi Profesional
Guru Pendidikan IPS
Pembelajaran IPS
 
Description Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang pengaruh kompetensi profesional guru terhadap pembelajaran IPS di SMP Negeri Kota Palu. Metode yang digunakan adalah Survey dengan teknik analisis data Deskriptif Kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah guru IPS tersertifikasi di SMP Negeri Kota Palu, sebanyak 116 orang. Jumlah sampel penelitian sebanyak 58 orang dengan menggunakan teknik Proporsional Stratified Random Sampling. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner model skala Likert, wawancara dan dokumentasi.Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Normalitas Instrumen, Uji Analisis Koefisien Determinasi, Uji Validitas Intrumen, Uji Reliabilitas Instrumen dan Uji Deskriptif. Sedangkan, hipotesis menggunakan Uji Regresi Sederhana. Hasil penelitian menunjukan kedua variabel berdistribusi normal dengan pengujian normalitas menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov dan Analisis reliabilitas untuk variabel X dan Y dihitung dengan rumus AlphaCronbach. Sementara pada Uji keberartian menggunakan uji t dan uji F pada taraf signifikansi dengan nilai α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi profesional terhadap pembelajaran denganpersamaan regresi linearŶ = 11,032 + 0,954X2 dengan presentase signifikansi 29,2%.
 
Publisher Center Of Education Journal (CEJou)
 
Date 2022-03-14
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://journal.itsnupasuruan.ac.id/index.php/cejou/article/view/3
10.55757/cejou.v1i01.3
 
Source Center Of Education Journal (CEJou); Vol. 1 No. 01 (2020): Terbitan Juli 2020; 16-23
10.55757/cejou.v1i01
 
Language eng
 
Relation http://journal.itsnupasuruan.ac.id/index.php/cejou/article/view/3/3
 
Rights Copyright (c) 2022 Center Of Education Journal (CEJou)