Record Details

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK MATERI BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SDN LIDAH WETAN II/462

Center Of Education Journal (CEJou)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK MATERI BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SDN LIDAH WETAN II/462
 
Creator Puji Lestari, Risa
 
Subject Pendekatan Saintifik
Hasil Belajar
 
Description Proses pembelajaran yang efektif mewajibkan guru menentukan strategi mengajar agar siswa dapat belajar secara aktif. Salah satu langkah yang harus dilakukan adalah penerapan model pembelajaran yang inovatif. Model pembelajaran yang dikembangkan pada penelitian ini diyakini memiliki relevansi tinggi adalah model pendekatan pembelajaran saintifik. Observasi yang dilakukan oleh penulis, masih dijumpai pembelajaran yang belum bisa memicu keaktifan siswa dan masih banyak siswa yang mendapat nilai dibawah KKM. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan pembelajaran dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VID. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat. Pada tahap sebelum perbaikan hanya ada 6 dari 29 siswa atau 21% yang mengalami ketuntasan belajar, meningkat menjadi 18 dari 29 siswa atau 62,06% yang mengalami ketuntasan pada siklus I, dan mengalami peningkatan yang signifikan menjadi 25 dari 29 siswa atau 86,20% siswa yang mengalami ketuntasan pada siklus II, dan secara klasikal telah memenuhi ketuntasan belajar yaitu lebih atau sama dengan 85% siswa yang tuntas. Jadi melalui penerapan pendekatan saintifik pada materi bangun ruang mata pelajaran matematika kelas VID SD Negeri Lidah Wetan II/462 Surabaya tahun pelajaran 2019/2020 dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
 
Publisher Center Of Education Journal (CEJou)
 
Date 2020-07-06
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://journal.itsnupasuruan.ac.id/index.php/cejou/article/view/2
10.55757/cejou.v1i01.2
 
Source Center Of Education Journal (CEJou); Vol. 1 No. 01 (2020): Terbitan Juli 2020; 12-15
10.55757/cejou.v1i01
 
Language eng
 
Relation http://journal.itsnupasuruan.ac.id/index.php/cejou/article/view/2/2
 
Rights Copyright (c) 2022 Center Of Education Journal (CEJou)