Record Details

PERILAKU MUSLIM KONSUMTIF DALAM PERSPEKTIF ETIKA

Tarbawi : Jurnal Studi Pendidikan Islami

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2598-4128
2502-4353
 
Authentication Code dc
 
Title Statement PERILAKU MUSLIM KONSUMTIF DALAM PERSPEKTIF ETIKA
 
Personal Name Muhlis, muhammad
STAI Salahuddin Pasuruan
 
Summary, etc. Konsumerisme adalah salah satu aspek yang perlu ditangani dalam mencapai tujuan menjadi negara maju. Dalam ekonomi konvensional, perilaku konsumen mengacu pada bagaimana dia mengalokasikan sejumlah uang pada berbagai jenis barang atau jasa untuk memaksimalkan kepuasan mereka. Namun, Islam sebagai cara hidup yang lengkap bertindak untuk mengontrol dan membatasi perilaku konsumtif tersebut demi mencapai kemakmuran, kedamaian dan kebahagiaan di dunia dan akhirat. Oleh karena itu, kajian ini mencoba untuk menyelidiki etika yang harus dipertimbangkan oleh setiap Muslim dalam memilih, membeli dan menggunakan produk atau jasa apapun yang mengacu pada prioritas kebutuhan, melestarikan dan menjaga maqashid al-syari'ah, sesuai dengan prinsip-prinsip 'halal haram' berdasarkan kualitas, maslahah masyarakat dan praktek moderasi. Ada tiga hal yang mempengaruhi perilaku konsumtif, yaitu: tingkat pendapatan, tingkat kebutuhan, dan lingkungan masyarakat.   Kata Kunci: Perilaku Muslim, Konsumtif, Etika
 
Publication, Distribution, Etc. Sekolah Tinggi Agama Islam Salahuddin Pasuruan
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/tarbawi/article/view/3911
 
Data Source Entry Tarbawi : Jurnal Studi Pendidikan Islami; Vol 8 No 01 (2020): JURNAL TARBAWI
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##