Record Details

PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU DALAM MENGAJAR MELALUI SUPERVISI KUNJUNGAN KELAS DI SDN MARGOREJO III/405 SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Education and Human Development Journal

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU DALAM MENGAJAR MELALUI SUPERVISI KUNJUNGAN KELAS DI SDN MARGOREJO III/405 SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2018/2019
 
Creator susilowati, susilowati
 
Subject Profesionalisme, Supervisi, Kunjungan Kelas
 
Description Sikap profesional yang dimiliki oleh setiap guru akan menunjukkan kualitas guru yang sebenarnya. Kompetensi tersebut akan terwujud dalam bentuk penguasaan pengetahuan, keterampilan maupun sikap profesional dalam menjalankan fungsi sebagai guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan profesionalisme guru melalui supervisi kunjungan kelas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah (PTS). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah menggunakan kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian tindakan sekolah menunjukkan profesionalisme guru meningkat dari siklus ke siklus, pada siklus I nilai rata-rata kompetensi pedagogik guru adalah 71,09. Sedangkan pada siklus ke II nilai rata-rata profesionalisme guru adalah 77,6. Indikator ketercapaian penelitian tindakan sekolah nilai rata-rata kemampan guru dalam mengajar diatas 75 melebihi target yang ditentukan peneliti.
 
Publisher Universitas Nahdatul Ulama Surabaya
 
Date 2019-10-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal2.unusa.ac.id/index.php/EHDJ/article/view/1304
10.33086/ehdj.v4i2.1304
 
Source Education and Human Development Journal; Vol. 4 No. 2 (2019): Educatioan and Human Development Journal; 79-88
JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN MANUSIA; Vol 4 No 2 (2019): Educatioan and Human Development Journal; 79-88
2599-0292
2541-0156
10.33086/ehdj.v4i2
 
Language eng
 
Relation https://journal2.unusa.ac.id/index.php/EHDJ/article/view/1304/950
 
Rights Copyright (c) 2019 susilowati susilowati
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0