PENGEMBANGAN KURIKULUM INTEGRASI ANTARA KURIKULUM INTI PENDIDIKAN NASIONAL DENGAN KURIKULUM KITAB KUNING (STUDI KASUS PESANTREN MUADALAH SALAFIYAH PASURUAN PADA MADRASAH ALIYAH)
Tarbawi : Jurnal Studi Pendidikan Islami
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2598-4128 2502-4353 |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
PENGEMBANGAN KURIKULUM INTEGRASI ANTARA KURIKULUM INTI PENDIDIKAN NASIONAL DENGAN KURIKULUM KITAB KUNING (STUDI KASUS PESANTREN MUADALAH SALAFIYAH PASURUAN PADA MADRASAH ALIYAH) |
|
Personal Name |
shodiq, abdulloh |
|
Summary, etc. |
Beberapa pendidikan pesantren salaf, akhir-akhir ini memperoleh status muadalah pada Madrasah Aliyah, termasuk Pesantren Salafiyah Pasuruan. Berdasarkan Peraturan Menteri Agama Nomor 18 tahun 2014 tentang Satuan Pendidikan Muadalah pada Pondok Pesantren, maka pesantren muadalah harus menerapkan kurikulum keagamaan Islam dan pendidikan umum yang disusun dan dikembangkan berdasarkan kekhasan pesantren.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menemukan: (1) Landasan dilakukan pengembangan kurikulum pesantren muadalah; (2) Orientasi pengembangan kurikulum pesantren muadalah; (3) Model pengembangan kurikulum pesantren muadalah; dan (4) Dampak pengembangan kurikulum pesantren muadalah dalam peningkatan dan pengembangan di Pesantren Salafiyah Pasuruan.
Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif, jenisnya studi kasus. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tiga tahapan yaitu: reduksi data, display data, dan data verivikasi/kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan: (1) Landasan pengembangan kurikulum pesantren muadalah pada Madrasah Aliyah Pesantren Salafiyah, dilakukan sesuai ketentuan pengembangan kurikulum yaitu: (a) filosofis, (b) yuridis, (c) sosial budaya dan agama, (d) pengembangan ilmu pengetahuan, dan (e) kebutuhan dan perkembangan masyarakat; (2) Orientasi pengembangan kurikulum muadalah pada MA tersebut adalah memberikan kesetaraan pendidikan lulusan muadalah dengan lulusan MA; para alumninya bisa melanjutkan studinya ke PTAIS, di samping tetap untuk tafaqquh fi ad-Din yang berakhlakukl karimah; (3) Model pengembangan kurikulum pesantren muadalah pada MA adalah model administrative dan beauchan yang disusun secara independen, yaitu “konvergensi antara tipologi perennial esensialis salafi, perennial esensialis madzhabi, dan tipologi modernis”; dan (4) Dampak pengembangan kurikulum muadalah terhadap peningkatan dan pengembangan di kedua pesantren ini adalah santri mengalami perkembangan dalam belajarnya, jumlah santri bertambah, ada yang melanjutkan ke perguruan tinggi sehingga akan lahir orang-orang agamis, rasional, dan dinamis.
Berdasar hasil temuan penelitian, maka temuan konseptual adalah model pengembangan kurikulum pesantren muadalah berbasis integrasi kitab kuning dengan kurikulum inti pendidikan nasional.
Kata Kunci: Pengembangan kurikulum integrasi, pesantren muadalah
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Sekolah Tinggi Agama Islam Salahuddin Pasuruan |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/tarbawi/article/view/3486 |
|
Data Source Entry |
Tarbawi : Jurnal Studi Pendidikan Islami; Vol 7 No 2 (2019): Jurnal Tarbawi |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|