SCIENTIFIC APPROACH DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH
Tarbawi : Jurnal Studi Pendidikan Islami
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2598-4128 2502-4353 |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
SCIENTIFIC APPROACH DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH |
|
Personal Name |
mukaromah, ning |
|
Summary, etc. |
Pembelajaran dengan pendekatan saintifik adalah proses pembelajaran yang disusun oleh guru agar peserta didik secara aktif mengkonstruksikan konsep, prinsip melalui tahapan-tahapan 5 M, yaitu mengamati, menanya, mencari informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Karakteristik pembelajaran dengan pendekatan saintifik lebih berpusat pada peserta didik yang melibatkan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Pendidikan agama Islam mempunyai karakteristik tersendiri yang membedakan dengan mata pelajaran yang lain. Implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran PAI di sekolah harus selalu ditingkatkan atas dasar prinsip metode ilmiah seperti pembelajaran harus berbasis fakta. Tetapi pada materi PAI terdapat materi yang sangat mungkin pendekatan saintifik ini tidak selalu tepat diaplikasikan secara prosedural dan juga terdapat aspek yang tidak bisa dirasionalkan. Hal ini bisa disikapi dengan hal berikut: 1) kreatifitas dan inovasi guru dalam mendesain pembelajaran; 2) mengintegrasikan tema satu dengan yang lainnya; 3) memilah tema yang sifatnya dogmatis dengan tema yang sifatnya bisa diperoleh dengan pendekatan ilmiah.
Kata Kunci: Scientific Approach, Pendidikan Agama Islam,
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Sekolah Tinggi Agama Islam Salahuddin Pasuruan |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/tarbawi/article/view/3277 |
|
Data Source Entry |
Tarbawi : Jurnal Studi Pendidikan Islami; Vol 6 No 2 (2018): Vol 6 No 2 (2018) |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|