Record Details

SCIENTIFIC APPROACH DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH

Tarbawi : Jurnal Studi Pendidikan Islami

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2598-4128
2502-4353
 
Authentication Code dc
 
Title Statement SCIENTIFIC APPROACH DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH
 
Personal Name mukaromah, ning
 
Summary, etc. Pembelajaran dengan pendekatan saintifik adalah proses pembelajaran yang disusun oleh guru agar peserta didik secara aktif mengkonstruksikan konsep, prinsip melalui tahapan-tahapan 5 M, yaitu mengamati, menanya, mencari informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Karakteristik pembelajaran dengan pendekatan saintifik lebih berpusat pada peserta didik yang melibatkan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Pendidikan agama Islam mempunyai karakteristik tersendiri yang membedakan dengan mata pelajaran yang lain. Implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran PAI di sekolah harus selalu ditingkatkan atas dasar prinsip metode ilmiah seperti pembelajaran harus berbasis fakta. Tetapi pada materi PAI terdapat materi yang sangat mungkin pendekatan saintifik ini tidak selalu tepat diaplikasikan secara prosedural dan juga terdapat aspek yang tidak bisa dirasionalkan. Hal ini bisa disikapi dengan hal berikut: 1) kreatifitas dan inovasi guru dalam mendesain pembelajaran; 2) mengintegrasikan tema satu dengan yang lainnya; 3) memilah tema yang sifatnya dogmatis dengan tema yang sifatnya bisa diperoleh dengan pendekatan ilmiah.   Kata Kunci: Scientific Approach, Pendidikan Agama Islam,
 
Publication, Distribution, Etc. Sekolah Tinggi Agama Islam Salahuddin Pasuruan
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/tarbawi/article/view/3277
 
Data Source Entry Tarbawi : Jurnal Studi Pendidikan Islami; Vol 6 No 2 (2018): Vol 6 No 2 (2018)
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##