BENTUK-BENTUK PENILAIAN AUTENTIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI MI/SD
Tarbawi : Jurnal Studi Pendidikan Islami
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2598-4128 2502-4353 |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
BENTUK-BENTUK PENILAIAN AUTENTIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI MI/SD |
|
Personal Name |
trianingsih, rima |
|
Summary, etc. |
Penilaian autentik pada pembelajaran tematik terpadu berfokus pada pengetahuan melalui penilaian output menjadi berbasis kemampuan melalui penilaian proses, portofolio dan penilaian output secara utuh dan menyeluruh. Pada implementasinya, instrumen pembelajaran tematik ini dapat dilaksanakan sejalan dengan tema yang diajarkan pada hari tersebut. Pada penilian autentik terdapat beberapa teknik penilaian yang dapat dilakukan di antaranya: penilaian kinerja, penilaian portofolio, penilaian proyek, dan ujian tertulis. Penilaian kinerja adalah pengamatan atas kinerja peserta didik perlu dilakukan dalam berbagai konteks untuk menetapkan tingkat pencapaian kemampuan tertentu. Penilaian portofolio merupakan penilaian berkelanjutan yang didasarkan pada kumpulan informasi yang menunjukkan perkembangan kemampuan peserta didik dalam satu periode tertentu.
Kata Kunci: penilaian autentik, pembelajaran tematik terpadu, MI/SD.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Sekolah Tinggi Agama Islam Salahuddin Pasuruan |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/tarbawi/article/view/3100 |
|
Data Source Entry |
Tarbawi : Jurnal Studi Pendidikan Islami; Vol 5 No 01 (2018) |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|