Record Details

KECERDASAN EMOSIONAL ANAK SEBAGAI PERTIMBANGAN DALAM PENGEMBANGAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN PAI

Tarbawi : Jurnal Studi Pendidikan Islami

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2598-4128
2502-4353
 
Authentication Code dc
 
Title Statement KECERDASAN EMOSIONAL ANAK SEBAGAI PERTIMBANGAN DALAM PENGEMBANGAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN PAI
 
Personal Name hasan, moch sya'roni
 
Summary, etc. Kecerdasarn emosi merupakan faktor penting dalam perkembangan intelektual anak. Stimulasi intelektual sangat dipengaruhi oleh keterlibatan emosional, bahkan emosi juga dapat menentukan perkembangan intelektual anak secara bertahap, artinya secara timbal balik faktor kognitif juga terlibat dalam perkembangan emosional. Perkembangan emosional pada anak, juga akan berjalan dengan perkembangan moral. Hal ini mendorong orang tua atau guru untuk berupaya mengajarkan moral pada anak moral yang baik melalui pemberian contoh atau teladan yang baik. Ada suatu asumsi bahwa melakukan pembelajaran dengan mempertimbangkan faktor emosional, lebih banyak berhasil daripada lebih menonjolkan faktor intelektual. Dengan demikian, faktor emosional anak sebagaimana digambarkan dalam artikel ini, bukan saja menjadi acuan utama bagi guru dalam merancang pembelajaran, tetapi lebih dari itu ternyata faktor emosional ini telah dijadikan kondisi pembelajaran. Untuk itu, disarankan bagi guru yang merancang pembelajaran hendaknya mempertimbangkan faktor emosional anak.   Key Word: Kecerdasan Emosional, Perencanaan Pembelajaran Pai
 
Publication, Distribution, Etc. Sekolah Tinggi Agama Islam Salahuddin Pasuruan
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/tarbawi/article/view/3099
 
Data Source Entry Tarbawi : Jurnal Studi Pendidikan Islami; Vol 5 No 01 (2018)
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##