KECERDASAN EMOSIONAL ANAK SEBAGAI PERTIMBANGAN DALAM PENGEMBANGAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN PAI
Tarbawi : Jurnal Studi Pendidikan Islami
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2598-4128 2502-4353 |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
KECERDASAN EMOSIONAL ANAK SEBAGAI PERTIMBANGAN DALAM PENGEMBANGAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN PAI |
|
Personal Name |
hasan, moch sya'roni |
|
Summary, etc. |
Kecerdasarn emosi merupakan faktor penting dalam perkembangan intelektual anak. Stimulasi intelektual sangat dipengaruhi oleh keterlibatan emosional, bahkan emosi juga dapat menentukan perkembangan intelektual anak secara bertahap, artinya secara timbal balik faktor kognitif juga terlibat dalam perkembangan emosional. Perkembangan emosional pada anak, juga akan berjalan dengan perkembangan moral. Hal ini mendorong orang tua atau guru untuk berupaya mengajarkan moral pada anak moral yang baik melalui pemberian contoh atau teladan yang baik. Ada suatu asumsi bahwa melakukan pembelajaran dengan mempertimbangkan faktor emosional, lebih banyak berhasil daripada lebih menonjolkan faktor intelektual. Dengan demikian, faktor emosional anak sebagaimana digambarkan dalam artikel ini, bukan saja menjadi acuan utama bagi guru dalam merancang pembelajaran, tetapi lebih dari itu ternyata faktor emosional ini telah dijadikan kondisi pembelajaran. Untuk itu, disarankan bagi guru yang merancang pembelajaran hendaknya mempertimbangkan faktor emosional anak.
Key Word:
Kecerdasan Emosional, Perencanaan Pembelajaran Pai
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Sekolah Tinggi Agama Islam Salahuddin Pasuruan |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/tarbawi/article/view/3099 |
|
Data Source Entry |
Tarbawi : Jurnal Studi Pendidikan Islami; Vol 5 No 01 (2018) |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|