KONSEPSI PSIKOLOGI TERHADAP LINGKUNGAN PENDIDIKAN ISLAM DI SUATU LEMBAGA
Tarbawi : Jurnal Studi Pendidikan Islami
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2598-4128 2502-4353 |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
KONSEPSI PSIKOLOGI TERHADAP LINGKUNGAN PENDIDIKAN ISLAM DI SUATU LEMBAGA |
|
Personal Name |
syaifi, mat |
|
Summary, etc. |
Dalam pandangan agama Islam, manusia diciptakan dengan memiliki dua unsur pokok, yakni unsur jasmaniah dan unsur ruhaniyah (psikologis). Sebagaimana Firman Allah SWT dalam Al-Qur’an Surat Sad Ayat 71-72 yang artinya :
“Ingatlah ketika Tuhanmu Berfirman kepada malaikat : “Sesungguhnya aku akan menciptakan manusia dari tanah”, maka apabila telah kusempurnakan kejadiannya dan kutiupkan kepadanya ruh (ciptaan) ku : Maka hendaklah kamu bersujud kepada-Nya”.
Di dalam lembaga pendidikan, khususnya pendidikan persekolahan psikologi memiliki peranan penting terutama psikologi terapan yang erat kaitannya dengan proses belajar dan mengajar. maka kami memperoleh data sebagai berikut :
• Konsepsi psikologi terhadap lingkungan pendidikan Islam di suatu lembaga mencakup dua unsur penting yaitu mengetahui kondisi lingkungan Pendidikan dan memahami jiwa perkembangan anak didik/siswa.
• Implikasi psikologi terhadap pendidikan di lembaga mencakup dua hal yaitu implikasi di dalam kelas dan di luar kelas.
Jadi jelas bahwa konsep psikologi terhadap lingkungan pendidikan Islam ada keterkaitannya. Demikian gambaran Ilmiah yang kami bahas semoga bermanfaat.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Sekolah Tinggi Agama Islam Salahuddin Pasuruan |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/tarbawi/article/view/3087 |
|
Data Source Entry |
Tarbawi : Jurnal Studi Pendidikan Islami; Vol 2 No 1 (2017) |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|