Record Details

KONSEPSI PSIKOLOGI TERHADAP LINGKUNGAN PENDIDIKAN ISLAM DI SUATU LEMBAGA

Tarbawi : Jurnal Studi Pendidikan Islami

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2598-4128
2502-4353
 
Authentication Code dc
 
Title Statement KONSEPSI PSIKOLOGI TERHADAP LINGKUNGAN PENDIDIKAN ISLAM DI SUATU LEMBAGA
 
Personal Name syaifi, mat
 
Summary, etc. Dalam pandangan agama Islam, manusia diciptakan dengan memiliki dua unsur pokok, yakni unsur jasmaniah dan unsur ruhaniyah (psikologis). Sebagaimana Firman Allah SWT dalam Al-Qur’an Surat Sad Ayat 71-72 yang artinya : “Ingatlah ketika Tuhanmu Berfirman kepada malaikat : “Sesungguhnya aku akan menciptakan manusia dari tanah”, maka apabila telah kusempurnakan kejadiannya dan kutiupkan kepadanya ruh (ciptaan) ku : Maka hendaklah kamu bersujud kepada-Nya”. Di dalam lembaga pendidikan, khususnya pendidikan persekolahan psikologi memiliki peranan penting terutama psikologi terapan yang erat kaitannya dengan proses belajar dan mengajar. maka kami memperoleh data sebagai berikut : • Konsepsi psikologi terhadap lingkungan pendidikan Islam di suatu lembaga mencakup dua unsur penting yaitu mengetahui kondisi lingkungan Pendidikan dan memahami jiwa perkembangan anak didik/siswa. • Implikasi psikologi terhadap pendidikan di lembaga mencakup dua hal yaitu implikasi di dalam kelas dan di luar kelas. Jadi jelas bahwa konsep psikologi terhadap lingkungan pendidikan Islam ada keterkaitannya. Demikian gambaran Ilmiah yang kami bahas semoga bermanfaat.
 
Publication, Distribution, Etc. Sekolah Tinggi Agama Islam Salahuddin Pasuruan
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/tarbawi/article/view/3087
 
Data Source Entry Tarbawi : Jurnal Studi Pendidikan Islami; Vol 2 No 1 (2017)
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##