Record Details

KATA TA’LIM DALAM AL-QURAN: MAKNA DAN CAKUPANNYA (Elaborasi Pendekatan Tafsir Tematis dan Konsep Taksonomi Bloom)

Tarbawi : Jurnal Studi Pendidikan Islami

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2598-4128
2502-4353
 
Authentication Code dc
 
Title Statement KATA TA’LIM DALAM AL-QURAN: MAKNA DAN CAKUPANNYA (Elaborasi Pendekatan Tafsir Tematis dan Konsep Taksonomi Bloom)
 
Personal Name salam, nor
 
Summary, etc. Kajian ini dilatarbelakangi adanya kecenderungan kontradikif  antara penggunaan istilah ta’dib, ta’lim dan tarbiyah. Di satu sisi, istilah tarbiyah dinilai lebih tepat untuk menunjuk pada konsep pendidikan dalam Islam, sementara di sisi yang berbeda justeru kata  ta’dib dinilai sebagai konsep yang “unggul” dibandingkan istilah ta’lim dan tarbiyah. Dalam kajian ini, dengan melakukan penelusuran terhadap penggunaan derivasi kata ta’lim dalam al-Quran yang kemudian penulis “kemas” dengan menggunakan pendekatan tafsir tematik yang kemudian dielaborasi dengan konsep taksonomi Bloom, menghasilkan kesimpulan bahwa kata ta’lim mencerminkan kompleksitas proses pendidikan. Kompleksitas ini tercermin dalam tiga domain –sebagaimana gagasan Benjamin S. Bloom –yakni, pertama, domain kognitif, redaksi ayat yang termasuk di dalamnya adalah وَعَلَّمَ آَدَمَ الْأَسْمَاءَ كُلَّهَا yang terdapat dalam surat al-Baqarah ayat 31 serta عَلَّمَ الْإِنْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ yang merupakan potongan ayat dalam surat al-Alaq ayat 5; kedua, domain afektif yang ditunjuk dalam ayat عَلَّمَ الْقُرْآَنَ yang terdapat dalam surat al-Rahman ayat 2; domain psikomotorik yang ditunjuk oleh redaksi ayat عَلَّمَهُ الْبَيَانَ yang terdapat dalam surat al-Rahman ayat 4 serta ayat عَلَّمَ بِالْقَلَمِ yang merupakan potongan ayat dalam surat al-‘Alaq ayat 4. Kata kunci: Ta’lim, Tafsir Tematik, Taksonomi Bloom
 
Publication, Distribution, Etc. Sekolah Tinggi Agama Islam Salahuddin Pasuruan
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/tarbawi/article/view/3086
 
Data Source Entry Tarbawi : Jurnal Studi Pendidikan Islami; Vol 2 No 1 (2017)
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##