Pandangan Habaib Terhadap Modernisasi Pendidikan Islam
Tarbawi : Jurnal Studi Pendidikan Islami
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2598-4128 2502-4353 |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Pandangan Habaib Terhadap Modernisasi Pendidikan Islam |
|
Personal Name |
kristianto, qhosy rapi |
|
Summary, etc. |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana pandangan Habaib terhadap modernisasi pendidikan Islam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi informasi yang lebih mendalam bagaimana pandangan Habaib terhadap pendidikan Islam sendiri, terhadap modernisasi dalam pendidikan Islam, dan metode penerapan pendidikan dikalangan Habaib. Penelitian ini dilakukan dengan objek penelitian pada Habaib, hal ini dilatar-belakangi karena melihat pendidikan mereka yang cenderung tradisional/klasik dan kolot. Maka dengan informasi yang akan didapatkan dalam penelitian nanti diharapkan mampu memberi kejelasan bagaimana pandangan mereka terhadap ke-modernan yang terjadi pada pendidikan Islam.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan mengambil latar belakang pendidikan para habib di Solo. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan/observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan pemaknaan/interpretasi terhadap data yang berhasil diperoleh.
Hasil penelitian menunjukkan: (1). Bahwasanya pendidikan Islam adalah pendidikan yang terbaik, namun pendidikan Islam sendiri masih mundur dan belum bisa diunggulkan dibandingkan masa lampau. (2). Para Habaib setuju dan sepakat terhadap adanya modernisasi pendidikan dengan arti lebih pada integrasi sains dan agama dengan catatan tidak bertentangan dengan syariat. (3). Sistem dan metode utama yang diterapkan para Habaib masih menggunakan sistem tradisional berupa halaqoh (home-schooling) untuk mendidik generasinya dan ditambah dengan adanya pelatihan skill atau keterampilan, disamping tidak menolak terhadap pendidikan formal. (4). Pendidikan harus diselenggarakan sesuai dengan kemampuan peserta didik. (5). Solusi yang ditawarkan Habaib untuk menumbuh-kembangkan pendidikan Islam agar tidak kalah dari Barat adalah kembali merombak kembali pendidikan Islam dari dalam dan memperkuat fondasi agama. (6). Habaib termasuk golongan yang mendukung pembaharuan pendidikan Islam dengan pola yang berorientasi dan bertujuan untuk pemurnian kembali ajaran Islam namun tidak menutup diri terhadap pemikiran modern Barat karena sesungguhnya itu adalah sistem yang diadopsi dari Islam.
Kata Kunci : Habaib; Modernisasi; Pendidikan Islam
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Sekolah Tinggi Agama Islam Salahuddin Pasuruan |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/tarbawi/article/view/3079 |
|
Data Source Entry |
Tarbawi : Jurnal Studi Pendidikan Islami; Vol 1 No 2 (2016) |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|