Record Details

STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK ULAMA NAHDLATUL WATHAN PANCOR DALAM MEMBENTUK OPINI PUBLIK PADA PEMILIHAN UMUM PRESIDEN TAHUN 2019

Al-Tsiqoh : Jurnal Ekonomi dan Dakwah Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK ULAMA NAHDLATUL WATHAN PANCOR DALAM MEMBENTUK OPINI PUBLIK PADA PEMILIHAN UMUM PRESIDEN TAHUN 2019
 
Creator Sofyan, Ali
Laksono, Puji
Chabibi, Muhammad
 
Description Pada momentum pemilihan umum Presiden 2019, karisma seorang ulama sangat bermanfaat bagi aktor-aktor politik untuk menjaring suara masyarakat kelas bawah. Realitas semacam ini terjadi di Nusa Tenggara Barat terkhususnya di Pulau Lombok yang mayoritas pemeluk agama Islam. Basis ke-Islam-an masyarakat Lombok mayoritas berafiliasi pada golongan tradisionalis, dalam hal ini Nahdlatul Wathan (NW). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi politik ulama Nahdlatul Wathan Pancor dalam membentuk opini publik pada pemilihan umum Presiden tahun 2019.  Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori agenda setting. Adapun yang menjadi informan adalah tokoh ulama Nahdlatul Wathan Pancor,  anggota Bawaslu Kabupaten Lombok Timur, dan dari kalangan masyarakat atau nahdliyin. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi secara langsung dan wawancara mendalam. Validitas data dilakukan dengan menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam membentuk opini publik pada pemilihan umum Presiden tahun 2019, Strategi komunikasi politik yang dilakukan  ulama NW Pancor adalah dengan menyelenggarakan berbagai agenda-agenda politik. Agenda politik yang telah diselenggarakan antara lain : Pengajian silaturrahim calon Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin, Kuliah umum kebangsaan oleh Surya Paloh, Silaturrahmi Perjuangan Nahdlatul Wathan, Pengajian akbar peringatan isra’ mi’raj Nabi Muhammad SAW, Kampanye dan deklarasi Tuan Guru untuk Jokowi-Ma’ruf.
 
Publisher Institut Pesantren KH Abdul Chalim Mojokerto
 
Date 2020-12-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/altsiq/article/view/965
10.1234/altsiq.v5i2.965
 
Source Al-Tsiqoh : Jurnal Ekonomi dan Dakwah Islam; Vol 5 No 2 (2020): Dakwah Islam dan Komunikasi; 57-73
2502-8294
10.1234/altsiq.v5i2
 
Language eng
 
Relation https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/altsiq/article/view/965/544
 
Rights Copyright (c) 2020 Al-Tsiqoh : Jurnal Ekonomi dan Dakwah Islam
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0