Record Details

PESAN KOMUNIKASI DAKWAH PADA LAGU GRUP BAND WALI (Analisis Semiotik Pada Lagu Abatasa, Status Hamba dan Cari Berkah)

Al-Tsiqoh : Jurnal Ekonomi dan Dakwah Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PESAN KOMUNIKASI DAKWAH PADA LAGU GRUP BAND WALI (Analisis Semiotik Pada Lagu Abatasa, Status Hamba dan Cari Berkah)
 
Creator Safi'i, Imam
 
Description Tulisan saya ini mengkaji lagu grup band musik Indonesia yaitu wali salah satu grup band yang sedang naik daun di Indonesia. Ada tiga lagunya yang kemudian dijadikan sebagai objek penelitian diantaranya “Abatasa, Status Hamba dan Cari Berkah”. Pertanyaan penelitian yang akan dijawab pada penelitian ini adalah 1). Bagaimana isi pesan komunikasi dakwah pada  Ketiga lagu ?. 2) Pesan komunikasi dakwah apa saja yang paling dominan pada ketiga lagu ?. Namun untuk lebih menariknya didalam menelaah pesan komunikasi dakwah pada ketiga lagu wali ini, saya menggunakan pisau  analisis semiotik yang dikemukakan oleh Roland Barthes. Bhartes menyebutnya signifikasi dua tahap yang kemudian membentuk sebuh mitos, mitos dalam hal ini adalah bahasa yang dikategorikan sebagai gaya komunikasi.Setelah dilakukan analisis terhadap ketiga lagu wali, saya menemukan gaya komunikasi/Qaul. Qaulan Baligha, Qaulan karima, Qaulan Maisura, Qaulan Sadida, Qaulan Layyina, Qulan Tsakila dan Qaulan Ma’rufa. Diantara  7 Qaul ini gaya komunikasi pada lagu. Qaulan Tsaqila didominasi dilagu “Abatasa”. Qaulan Maisura didominasi pada lagu “Status Hamba”. Qaulan Layyina didominasi di lagu “Cari Berkah”. Pada lagu pertama saya menemukan tiga macam Qaul yaitu Qaulan Karima, Qaulan Tsaqila dan Qaulan Maisura. Pada lagu kedua saya menemukan tiga macam Qaul. Qaulan Layyina, Qaulan Tsaqila, dan Qaulan Maisura. Pada lagu ke tiga Qaulan layyina, Tsaqila, Maisura, dan Balihga.
 
Publisher Institut Pesantren KH Abdul Chalim Mojokerto
 
Date 2019-04-27
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/altsiq/article/view/202
10.1234/altsiq.v4i1.202
 
Source Al-Tsiqoh : Jurnal Ekonomi dan Dakwah Islam; Vol 4 No 1 (2019): Dakwah Islam; 50-68
2502-8294
 
Language eng
 
Relation https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/altsiq/article/view/202/226
 
Rights Copyright (c) 2019 Al-Tsiqoh : Jurnal Ekonomi dan Dakwah Islam
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0