Record Details

Rasionalitas Hadis al Syu'm Studi Ma'ani Hadis dalam Kutub al-sittah

Al-Tsiqoh : Jurnal Ekonomi dan Dakwah Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Rasionalitas Hadis al Syu'm Studi Ma'ani Hadis dalam Kutub al-sittah
 
Creator Arifin, Achmad Zainul
 
Description Pemahaman tentang maksud hadis biasanya dapat difahami dengan membaca syarhnya. Akan tetapitidak semua hadis dapat difahami hanya sebatas memahami syarh hadis, karena satu hadis terkadangmemiliki keterkaitan dengan hadis-hadis lain untuk dapat memahami secara obyektif dari berbagaisegi. Dalam masyarakat masa kini masih mempercayai pekara-perkara yang tidak beralasan sepertiterm sial. Dampaknya menghubung-hubungkan sesuatu yang tidak ada kaitannya menjadi penyebabkesialan itu sendiri. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah library research denganpendekatan studi ma’ani al Hadis dan menghasilakn beberapa simpulan yaitu: Pertama hadis tersebutdari segi kualitasnya temasuk hadis sahih karena memiliki syawahid dan tawabi’, hadis terebut selainriwayat ‘Abdullah ibn ‘Amr juga Sahl ibn Sa’d, Hukaim ibn Mu’awanah, Abu Hurairah dan ‘Aisyah. Kedua, memahami al syu’m dalam hadis Nabi SAW secara bahasa mempunyai makna sebaliknya karena didapati beberapa hadis baik dari segi definisi maupun kronologis hadis. Ketiga, pemahamanhadis secara kontekstual dapat dilakukan dengan melihat latar belakang munculnya Hadis (asbab alWurud) sebagaimana riwayat siti ‘Aisyah r.a sehingga hadis tentang مؤشلا konteksnya yaitu Nabimenceritakan masa lampau yaitu zaman jahiliyah dengan kata lain tidak ada legitimasi kesialanterhadap ketiganya
 
Publisher Institut Pesantren KH Abdul Chalim Mojokerto
 
Date 2019-01-19
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/altsiq/article/view/165
 
Source Al-Tsiqoh : Jurnal Ekonomi dan Dakwah Islam; Vol 2 No 3 (2017): Dakwah Islam; 1-17
2502-8294
 
Language eng
 
Relation https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/altsiq/article/view/165/123