Efektivitas Penggunaan Media Online Sebagai Sarana Dakwah
Al-Tsiqoh : Jurnal Ekonomi dan Dakwah Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Efektivitas Penggunaan Media Online Sebagai Sarana Dakwah
|
|
Creator |
Usman, Fadly
|
|
Description |
Penggunaan media online sebagai sarana dakwah dewasa ini mulai menjadi alternative dalamberdakwah. Dalam menyampaikan materi-materi dakwah, seorang pendakwah bisa sajamemiliki akun di media social seperti; facebook, twitter, LINE, WhatsApp, Path atau mediaonline lainnya seperti; Youtube, Instagram, Weblog, LinkedIn dan sebagainya. Apakah efektifmetode dakwah yang mereka pilih? Dalam penelitian ini dilakukan survei terhadap 200responden dari beberapa kelompok masyarakat, untuk mengukur tingkat efektifitas dakwahIslam melalui media online. Metode yang dipakai adalah dengan menggunakan analisisstatistic, kemudia dilakukan uji korelasi dan konsistensi berdasarkan hasil kuisioner dariresponden. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa sejak usia pelajar sampaidengan usia kerja telah memanfaatkan smartphone untuk mendapatkan informasi terkinimelalui media online. Dari hasil uji korelasi menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi lamapenggunaan smartphone dengan aktifitas mencari informasi tentang dakwah Islam adalah0.8035, bahkan 46% sangat sering mencari literatur tentang pengetahuan agama melalui mediaonline. Hal ini menunjukkan bahwa materi-materi dakwah Islam yang disampaikan melaluimedia online sangat efektif, khususnya bagi pengguna telepon pintar atau smartphone
|
|
Publisher |
Institut Pesantren KH Abdul Chalim Mojokerto
|
|
Date |
2016-03-09
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/altsiq/article/view/154
|
|
Source |
Al-Tsiqoh : Jurnal Ekonomi dan Dakwah Islam; Vol 1 No 1 (2016): Dakwah Islam; 1-8
2502-8294 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/altsiq/article/view/154/108
|
|
Rights |
Copyright (c) 2016 Al-Tsiqoh : Jurnal Ekonomi dan Dakwah Islam
|
|