Record Details

Efektivitas Penggunaan Media Online Sebagai Sarana Dakwah

Al-Tsiqoh : Jurnal Ekonomi dan Dakwah Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Efektivitas Penggunaan Media Online Sebagai Sarana Dakwah
 
Creator Usman, Fadly
 
Description Penggunaan media online sebagai sarana dakwah dewasa ini mulai menjadi alternative dalamberdakwah. Dalam menyampaikan materi-materi dakwah, seorang pendakwah bisa sajamemiliki akun di media social seperti; facebook, twitter, LINE, WhatsApp, Path atau mediaonline lainnya seperti; Youtube, Instagram, Weblog, LinkedIn dan sebagainya. Apakah efektifmetode dakwah yang mereka pilih? Dalam penelitian ini dilakukan survei terhadap 200responden dari beberapa kelompok masyarakat, untuk mengukur tingkat efektifitas dakwahIslam melalui media online. Metode yang dipakai adalah dengan menggunakan analisisstatistic, kemudia dilakukan uji korelasi dan konsistensi berdasarkan hasil kuisioner dariresponden. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa sejak usia pelajar sampaidengan usia kerja telah memanfaatkan smartphone untuk mendapatkan informasi terkinimelalui media online. Dari hasil uji korelasi menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi lamapenggunaan smartphone dengan aktifitas mencari informasi tentang dakwah Islam adalah0.8035, bahkan 46% sangat sering mencari literatur tentang pengetahuan agama melalui mediaonline. Hal ini menunjukkan bahwa materi-materi dakwah Islam yang disampaikan melaluimedia online sangat efektif, khususnya bagi pengguna telepon pintar atau smartphone
 
Publisher Institut Pesantren KH Abdul Chalim Mojokerto
 
Date 2016-03-09
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/altsiq/article/view/154
 
Source Al-Tsiqoh : Jurnal Ekonomi dan Dakwah Islam; Vol 1 No 1 (2016): Dakwah Islam; 1-8
2502-8294
 
Language eng
 
Relation https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/altsiq/article/view/154/108
 
Rights Copyright (c) 2016 Al-Tsiqoh : Jurnal Ekonomi dan Dakwah Islam