Record Details

PENGARUH INTEGRASI KEILMUAN MELALUI PENDEKATAN IMTAQ TERHADAP PEMBELAJARAN IPA KELAS IX DI SMPIT CENDEKIA PURWAKARTA

Aulada : Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGARUH INTEGRASI KEILMUAN MELALUI PENDEKATAN IMTAQ TERHADAP PEMBELAJARAN IPA KELAS IX DI SMPIT CENDEKIA PURWAKARTA
 
Creator Huda, Nenden Najiatul
Irawan, Irawan
 
Description integrasi keilmuan merupakan proses menyatukan berbagai cabang ilmu yang ada, sebagaimana yang diklasifikasikan oleh para intelektual melalui proses integrasi dengan suatu asumsi bahwa semua cabang ilmu berasa dari Tuhan. penelitian ini muncul dikarenakan munculnya paradigma bahwa ilmu islam dan sains tidak dapat dipisahkan satu sama lain.  Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh pendekatan IMTAQ ini pada pembelajaran IPA dengan hasil sesuai yang diharapkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, diharapkan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif mampu menggambarkan fenomena, kejadian dan hubungan sebab akibat sebagai dampak dari penerapan nilai pada mata pelajaran IPA pada objek penelitian. Lokasi pada penelitian ini adalah SMPIT Cendekia Purwakarta. Hasil pada penelitian ini adalah, implementasi pendekatan IMTAQ pada mata pelajaran IPA, kendala dan masalah yang dihadapi pendekatan IMTAQ  pada implementasi mata pelajaran IPA, dan pengaruh pendekatan IMTAQ terhadap pembelajaran IPA. Pengertian ini dapat menunjukkan bahwa integrasi keilmuan melalui pendekatan IMTAQ dalam pembelajaran IPA mampu meningkatkan kebermaknaan pembelajaran dan konsep dan dapat dilaksanakan pada mata pelajaran lainnya dan pengimplementasian pada pendekatan ini dapat dilaksanakan di sekolah-sekolah lain. Dan pada akhirnya akan menciptakan keseimbangan antara kebutuhan dunia pendidikan dan akhirat.
 
Publisher Prodi. Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim
 
Date 2021-10-24
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/aulada/article/view/1282
10.31538/aulada.v3i1.1282
 
Source Aulada : Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak; Vol 3 No 1 (2021): Inovasi Pembelajaran & Pendidikan Anak; 115-126
2656-1638
10.31538/aulada.v3i1
 
Language eng
 
Relation https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/aulada/article/view/1282/742
 
Rights Copyright (c) 2021 Aulada : Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak