Record Details

PENGARUH PROGRAM LITERASI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS IV A MI DARUSSALAM PACET MOJOKERTO

Aulada : Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGARUH PROGRAM LITERASI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS IV A MI DARUSSALAM PACET MOJOKERTO
 
Creator Purab, Syuria M.
Purwono, Agung
 
Description Penelitian ini dilatarbelakangi oleh program literasi di sekolah-sekolah yang dikategorikan cukup rendah. Selain itu hasil PISA yang menunjukkan tingkat keterampilan Bahasa yang cukup rendah, diantaranya  keterampilan membaca dan menulis. Keterampilan dijadikan variabel utama adalah variabel menulis karena hasil tulisan merupakan representasi dari kemampuan berpikir siswa. Membaca dan menulis menjadi dua hal krusial dan dalam program literasi membaca mampu membuka cakrawala manusia dengan demikian didapat banyak pengetahuan membaca dan menulis. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dirumuskan beberapa permasalahan yang dikaji, diantaranya 1) Bagaimana penerapan program literasi di MI Darussalam Pacet Mojokerto?, 2) Bagaimana pengaruh program literasi terhadap keterampilan menulis siswa? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis ex-post facto. Sampel yang digunakan adalah kelas IV A di MI Darussalam. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket yang diisi oleh responden. Hasil dari penelitian ini adalah ialah berdasarkan hasil uji SPSS didapati pada uji hipotesis, nilai sig ialah 0,000 dimana terdapat pengaruh signifikan antara program literasi dan keterampilan menulis siswa.
 
Publisher Prodi. Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim
 
Date 2022-02-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/aulada/article/view/972
10.31538/aulada.v3i2.972
 
Source Aulada : Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak; Vol 3 No 2 (2021): Sistem Pembelajaran & Pendidikan Anak; 133-151
2656-1638
10.31538/aulada.v3i2
 
Language eng
 
Relation https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/aulada/article/view/972/816
 
Rights Copyright (c) 2022 Aulada : Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak