PENGARUH PROGRAM LITERASI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS IV A MI DARUSSALAM PACET MOJOKERTO
Aulada : Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENGARUH PROGRAM LITERASI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS IV A MI DARUSSALAM PACET MOJOKERTO
|
|
Creator |
Purab, Syuria M.
Purwono, Agung |
|
Description |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh program literasi di sekolah-sekolah yang dikategorikan cukup rendah. Selain itu hasil PISA yang menunjukkan tingkat keterampilan Bahasa yang cukup rendah, diantaranya keterampilan membaca dan menulis. Keterampilan dijadikan variabel utama adalah variabel menulis karena hasil tulisan merupakan representasi dari kemampuan berpikir siswa. Membaca dan menulis menjadi dua hal krusial dan dalam program literasi membaca mampu membuka cakrawala manusia dengan demikian didapat banyak pengetahuan membaca dan menulis. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dirumuskan beberapa permasalahan yang dikaji, diantaranya 1) Bagaimana penerapan program literasi di MI Darussalam Pacet Mojokerto?, 2) Bagaimana pengaruh program literasi terhadap keterampilan menulis siswa? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis ex-post facto. Sampel yang digunakan adalah kelas IV A di MI Darussalam. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket yang diisi oleh responden. Hasil dari penelitian ini adalah ialah berdasarkan hasil uji SPSS didapati pada uji hipotesis, nilai sig ialah 0,000 dimana terdapat pengaruh signifikan antara program literasi dan keterampilan menulis siswa.
|
|
Publisher |
Prodi. Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim
|
|
Date |
2022-02-01
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/aulada/article/view/972
10.31538/aulada.v3i2.972 |
|
Source |
Aulada : Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak; Vol 3 No 2 (2021): Sistem Pembelajaran & Pendidikan Anak; 133-151
2656-1638 10.31538/aulada.v3i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/aulada/article/view/972/816
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Aulada : Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak
|
|