Record Details

PENGGUNAAN STRATEGI TEAM GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV

Aulada : Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGGUNAAN STRATEGI TEAM GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV
 
Creator Maulidiyah, Luluk
 
Description Kurangnya pemahaman yang didapatkan siswa di MI Thoriqul Ulum sajet kelas IV pada amata pelajaran IPS materi koperasi. Data hasil belajar menunjukkan bahwa nilai terendah yaitu 50 dan nilai tertinggi 72 dengan presentase ketuntasan mencapai 54%. Tujuannya penelitian untuk mengetahui dan mendeskripsikan penggunaan pendekatan pembelajaran TGT dan untuk mengoktimalkan hasil belajar dengan model tersebut. Kegiatan dilaksanakan dengan dua siklus, dengan memperoleh data aktivitas siswa, performansi guru , dan juga hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kurt Lewin yang diaman terdapat empat tahap yaitu perencanaan (planing), aksi atau tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflection). Teknik pengambilan data yang digunakan berupa tes, observasi dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh pada siklus I yaitu presentase performansi guru mencapai 75 % dalam kategori sedang. Pada siklus II yaitu presentase performansi guru yang mencapai 92 % dalam kategori tinggi. Hal ini dapat dilihat bahwa terdapat kenaikan presentase sebesar 17%. Hasil belajar pada siklus I yaitu presentase siswa yang memenuhi nilai KKM mencapai 58% dalam kategori cukup. Pada siklus II, hasil belajar siswa mencapai 83% yaitu dalam kategori tinggi. Hal ini menunjukkan adanya kenaikan terhadap hasil belajar siswa pada siklus II dengan presentase kenaikan hasil belajar siswa sebesar 25%.
 
Publisher Prodi. Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim
 
Date 2021-10-24
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/aulada/article/view/852
10.31538/aulada.v3i1.852
 
Source Aulada : Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak; Vol 3 No 1 (2021): Inovasi Pembelajaran & Pendidikan Anak; 29-45
2656-1638
10.31538/aulada.v3i1
 
Language eng
 
Relation https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/aulada/article/view/852/737
 
Rights Copyright (c) 2021 Aulada : Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak